Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita trigonometri berdasarkan teori polya / IQBAL WIDI RAHMANTO - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita trigonometri berdasarkan teori polya / IQBAL WIDI RAHMANTO

Rahmanto, Iqbal Widi (2022) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita trigonometri berdasarkan teori polya / IQBAL WIDI RAHMANTO. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kesalahan siswa ketika menyelesaikan soal cerita trigonometri ditinjau dengan teori Polya. Berdasarkan data UN 2019 menunjukkan persentase jawaban benar tentang masalah nyata tentang perbandingan trigonometri sebesar 18.89%. Hal tersebut mengindikasikan bahwa siswa banyak melakukan kesalahan ketika menyelesaikan soal berkaitan masalah nyata perbandingan trigonometri. Oleh karena itu penelitian ini berfokus dalam mengamati kesalahan masalah nyata tentang perbandingan trigonometri. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan melibatkan 30 siswa kelas X SMAN Taruna Nala Jawa Timur. Kemudian siswa diminta untuk menyelesaikan soal berkaitan masalah nyata trigonometri terhadap segitiga siku-siku. Selanjutnya jawaban dikelompokkan menurut letak kesalahan dan ditinjau dengan teori Polya. Berdasarkan jawaban siswa tersebut dipilih 6 siswa untuk diwawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan memahami masalah sebanyak 13% kesalahan dalam merencanakan penyelesaian sebanyak 30% kesalahan melakukan penyelesaian sebanyak 10% dan untuk kesalahan meninjau kembali jawaban sebanyak 37%. Kesalahan meninjau kembali jawaban memiliki angka kesalahan paling besar karena beberapa siswa tidak tahu langkah dalam mengecek kembali jawaban dan siswa terlalu yakin akan jawabannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/277119

Actions (login required)

View Item View Item