Analisis kesalahan koneksi matematis siswa pada penyelesaian soal cerita aritmatika sosial / Nabila Shinta Mayisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan koneksi matematis siswa pada penyelesaian soal cerita aritmatika sosial / Nabila Shinta Mayisa

Mayisa, Nabila Shinta (2022) Analisis kesalahan koneksi matematis siswa pada penyelesaian soal cerita aritmatika sosial / Nabila Shinta Mayisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengidentifikasi kesalahan koneksi matematis yang cenderung dilakukan oleh siswa SMP kelas VII pada penyelesaian soal cerita materi aritmatika sosial. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Empat siswa dengan dua siswa berkemampuan matematis menengah ke atas dan dua siswa berkemampuan matematis menengah ke bawah dipilih dari hasil studi pendahuluan pada salah satu kelas VII di SMP Negeri 49 Jakarta. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui penyelesaian soal cerita aritmatika sosial dan wawancara berdasarkan penyelesaian masing-masing. Hasil penelitian menunjukkan kedua kategori siswa membuat kesalahan pada setiap indikator. Kesalahan koneksi konsep dan prosedur terjadi disebabkan siswa tidak mampu mengartikan soal menjadi langkah solusi yang tepat dan siswa hanya menghafal rumus yang diberikan oleh guru. Kesalahan yang dilakukan siswa pada kategori pertama cenderung berkaitan dengan pembuatan dan penggunakan model matematika. Siswa pada kategori kedua cenderung melakukan kesalahan lebih banyak dan fatal berkaitan dengan hubungan konseptual prosedural dan penggunaan hubungan antartopik dalam penyelesaian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/277112

Actions (login required)

View Item View Item