Pengembangan media pembelajaran berbasis android untuk mengatasi kesulitan konsep geometri bidang datar siswa kelas VII SMP berdasarkan tingkat berpikir van hiele / Ade Nastiti Dewantari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis android untuk mengatasi kesulitan konsep geometri bidang datar siswa kelas VII SMP berdasarkan tingkat berpikir van hiele / Ade Nastiti Dewantari

Dewantari, Ade Nastiti (2022) Pengembangan media pembelajaran berbasis android untuk mengatasi kesulitan konsep geometri bidang datar siswa kelas VII SMP berdasarkan tingkat berpikir van hiele / Ade Nastiti Dewantari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti kepada Guru Matematika di SMP Muhammadiyah 1 Genteng peneliti memutuskan untuk membuat penelitian dalam bentuk pengembangan media pembelajaran. Hasil wawancara menunjukkan bahwa siswa kelas VII di SMP tersebut masih kesulitan mengerjakan soal geometri bangun datar terutama segiempat. Hal ini dikarenakan siswa lebih banyak menghafal rumus luas dan keliling segiempat daripada memahami asal mula ditemukannya rumus tersebut. Sehingga ketika hafalan rumus mereka hilang maka mereka sama sekali tidak bisa mengerjakan soal yang menggunakan rumus tersebut dalam penyelesaiannya. Oleh karena itu peneliti membuat aplikasi berbasis android dengan materi geometri bangun datar terutama segiempat dengan tujuan mengembangkan media pembelajaran yang valid praktis dan efektif guna membuat siswa menjadi lebih mudah dalam memahami materi tersebut. Dalam menyusun materi pada media pembelajaran ini peneliti mengacu pada teori tingkat berpikir Van Hiele supaya materi yang disajikan lebih terstruktur dan terarah serta dalam pengembangan aplikasi ini menggunakan metode 4-D yang dikembangkan oleh Sivasailam Thiagarajan . Berdasarkan penelitian pada tanggal 17 November 2022 media pembelajaran yang dibuat oleh peneliti memenuhi kriteria valid sebesar 95 7% praktis sebesar 87 2% dan efektif sebesar 90% dalam membantu siswa memahami materi geometri bangun datar terutama segiempat untuk kelas VII SMP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/277110

Actions (login required)

View Item View Item