Implementasi model pembelajaran numbered head together (NHT) dan group investigation (GI) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas XI Multimedia SMK Yadika Bangil) / Mukhamad Zulianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model pembelajaran numbered head together (NHT) dan group investigation (GI) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas XI Multimedia SMK Yadika Bangil) / Mukhamad Zulianto

Zulianto, Mukhamad (2011) Implementasi model pembelajaran numbered head together (NHT) dan group investigation (GI) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas XI Multimedia SMK Yadika Bangil) / Mukhamad Zulianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci numbered head together group investigation motivasi hasil belajar kewirausahaan. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi ketidakmampuan siswa menyerap pelajaran dengan maksimal salah satunya adalah model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Kondisi di lapangan menunjukkan bahwa guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional hal ini yaitu terlihat jelas teacher oriented atau guru lebih banyak mendominasi proses pembelajaran. Dengan hasil observasi dan pengamatan motivasi belajar siswa dikelas yang banyak dijumpai serta hasil diskusi dengan guru mata pelajaran kewirausahaan kondisi belajar yang terjadi cenderung monoton disebabkan minat belajar siswa yang rendah. Menurut guru yang bersangkutan kebanyakan siswa memiliki prestasi belajar yang rendah pada saat mengikuti proses pendidikan di jenjang sebelumnya. Kondisi ini berdampak signifikan terhadap situasi belajar dalam kelas. Siswa selama mengikuti proses belajar cenderung pasif dan menerima apa yang disampaikan guru apa adanya tanpa ada upaya untuk mencari dan mendalami sendiri materi yang disampaikan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tidakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Multimedia SMK Yadika Bangil. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan) interview (wawancara) dokumentasi tes catatan lapangan dan angket motivasi siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu Data Reduction (Reduksi Data) Data Display (Penyajian Data) dan Conclusion Drawing (Penarikan Kesimpulan) Hasil penelitian ini telah terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dari siklus ke siklus. Pada siklus I skor tertinggi yang diperoleh adalah 92 dan skor maksimalnya 96 dengan persentase nilai rata-rata 95 83% dan termasuk dalam kategori sangat baik dan mendapatkan poin A. Sedangkan skor terendah adalah 72 dengan skor maksimal 96. Persentase nilai rata-rata yaitu 75% dan termasuk dalam kategori baik dan mendapatkan poin B. Pada siklus II skor tertinggi yang diperoleh adalah 94 dan skor maksimalnya 96 dengan persentase nilai rata-rata 97 92%. dan termasuk dalam kategori sangat baik dan mendapatkan poin A. Sedangkan skor terendah adalah 76 dengan skor maksimal 96. Persentase nilai rata-rata yaitu 79 17% dan termasuk dalam kategori baik dan mendapatkan poin B. Walaupun peningkatannya kurang signifikan dan terdapat beberapa siswa yang justru mengalami penurunan akan tetapi secara keseluruhan pembelajaran ini mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain itu penelitian ini menunjukkan peningkatan terhadap hasil belajar siswa yang terlihat dari hasil pre-test sebelum tindakan dengan hasil pos-test yang diberikan pada saat akhir tindakan. Hasil pre-test siklus I menunjukkan siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa (36 59%) dan yang belum tuntas sebanyak 26 siswa (63 41%). Hasil post-test siklus I menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa (41 46%) dan yang belum tuntas sebanyak 24 siswa (58 54%). Hasil pre-test siklus II menunjukkan siswa yang tuntas sebanyak 36 siswa (87 80%) dan yang belum tuntas sebanyak 5 siswa (12 20%). Untuk hasil post-test siklus II juga menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 37 siswa (90 24%) dan yang belum tuntas sebanyak 4 siswa (9 76%). Penelitian ini belum mencapai taraf keberhasilan 100%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Implementasi model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Group Investigation (GI) pada siswa kelas XI Multimedia mata pelajaran kewirausahaan di SMK Yadika Bangil dilakukan secara bertahap dengan pelaksanaan awal pada model Numbered Head Together pada pertemuan pertama dan dilanjutkan dengan Group Investigation pada pertemuan kedua. Model Numbered Head Together ditujukan untuk melibatkan siswa dalam mereview bahan ajar yang tercakup dalam suatu pelajaran dan memeriksa pemahaman siswa mengenai isi pelajaran. Sedangkan model Group Investigation ditujukan agar siswa menemukan sendiri pemahamannya tentang materi yang dibahas dari proses investigasi dan pencarian tugas dari internet artikel koran dan lain sebagainya. (2) Implementasi model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Group Investigation (GI) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI Multimedia SMK Yadika Bangil mengalami kenaikan yang terlihat pada hasil angket motivasi pada siklus I dan siklus II. (3) Implementasi model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Multimedia SMK Yadika Bangil mengalami kenaikan yang terlihat dari hasil pos-test pada siklus I dan pos-test pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi guru SMK Yadika Bangil khususnya guru mata pelajaran kewirausahaan implementasi model pembelajaran Numbered Head Together dan Group Investigation dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan dalam praktik pembelajaran di kelas. (2) Bagi siswa khususnya siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Multimedia SMK Yadika Bangil pada saat implementasi model pembelajaran Numbered Head Together dan Group Investigation perlu meningkatkan keberanian dalam mengajukan pertanyaan maupun berargumentasi guna lebih memahami terhadap materi yang dipelajari. (3) Bagi peneliti berikutnya disarankan perencanaan dan pelaksanaan penelitian mempertimbangkan kebijakan sekolah terutama alokasi waktu sehingga pencapaian hasil penelitian lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27711

Actions (login required)

View Item View Item