Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi pola bilangan untuk kelas VIII - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi pola bilangan untuk kelas VIII

Aruyanto, Afif Krisnawan (2022) Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi pola bilangan untuk kelas VIII. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

This study aimed to develop applications on Android-based smartphones on number pattern material with valid and practical results. In developing this media this study used articulate storyline application. The research model used was the Addie model analysis design development implementation and evaluation. The results based on the expert validation by material experts media experts and student practicality questionnaires obtained results of 3.6 3.55 and 3.8125. The validator was a lecturer at Malang State University and a mathematics teacher at SMPN 5 Kepanjen. Furthermore the practicality test was done by distributing questionnaires via Google Form towards students after using the application. The result shown the value of 3.662 it exceeds the value of 3.00. Thus it can be interpreted and categorized that the application of number patttern material as a practical media to use. As a conclusion the development of learning applications based on the number pattern material using articulate storyline 3 can be declared valid and practical.Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengembangkan aplikasi pada smartphone yang berbasis android pada materi pola bilangan dengan hasil valid dan praktis. Pengembangan media ini menggunakan aplikasi articulate storyline. Model penelitian yang dipakai adalah model Addie analisis design development implementation and evaluation. Hasil yang didapat dari validasi oleh ahli materi ahli media dan angket kepraktisan siswa didapatkan hasil 3 6 3 55 dan 3 8125. Validator produk pada penelitian ini berasal dari salah satu dosen Universitas Negeri Malang dan guru matematika SMPN 5 Kepanjen. Selanjutnya dilakukan uji kepraktisan dengan melakukan penyebaran angket melalui googleform kepada siswa/i yang telah menggunakan aplikasi yang dikembangkan. Melalui hasil tersebut didapatkan nilai 3 662 nilai tersebut melebihi nilai hasil uji kepraktisan 3 00. Maka dapat diartikan bahwa aplikasi pola bilangan pada penelitian ini dikategorikan sebagai media yang praktis untuk digunakan. Oleh karenanya dapat disimpulkan bahwa pengembangan aplikasi pembelajaran berbasis pada materi pola bilangan dengan menggunakan articulate storyline 3 dapat dinyatakan valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Dec 2022 04:29
Last Modified: 15 Aug 2023 02:33
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/277101

Actions (login required)

View Item View Item