Pengembangan Media Pembelajaran Infografis Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk Siswa Kelas V SDN Bangelan 04 Kabupaten Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Media Pembelajaran Infografis Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk Siswa Kelas V SDN Bangelan 04 Kabupaten Malang

CHOLIFA, MYRNA NOUR (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Infografis Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk Siswa Kelas V SDN Bangelan 04 Kabupaten Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakanperistiwapentingdalamsejarah. Salah satuperistiwapenting yang terjadi di dalamnyaialahperistiwaRengasdengklokdanperistiwaperumusanteksproklamasikemerdekaan Indonesia.Sering kali guru dalammenerangkanmaterimengalamihambatankurangnya media pembelajaran yang digunakanketika proses pembelajaran. Penelitianinibertujuanuntukmengembangkansebuahinformasi yang efektifdan modern untukdigunakansiswadalammemahamimateriperistiwakebangsaanseputarproklamasikemerdekaankhususnya hubungan tentang keterkaitan peristiwa Rengasdengklok dengan peristiwa perumusan teks proklamasi, sehingga peneliti dapat menghasilkan produkberupa poster peristiwaproklamasikemerdekaan Indonesia yang kemudianmenguji, memvalidasi dan merevisi hasil produk infografis yang sudah dibuat.Denganadanya media poster infografisinibertujuanuntukmenarikperhatiandanmemudahkankhususnyasiswa SD dalambelajarsejarahproklamasikemerdekaan Indonesia. Serta guru jugamemilikialternatifpilihan media pembelajaran yang akandigunakandalampembelajaran. Pengembangan media penelitianinimenggunakan model R&D (Research and Development) milik Sugiyono. Pada metode penelitian pengembangan iniSugiyono membagi langkah-langkah penelitian dan pengembangan menjadi sepuluh langkahyaitupotensimasalah, pengumpulan data, desainproduk, validasidesan, revisidesain, ujicobaproduk, revisidesain, ujicobaproduk, revisiprodukdanproduksimasal. Penelitian dan pengmbangan ini melibatkan uji validasi produk oleh ahli media dan ahli materi. Validator ahli media oleh dosen Sedesa UM, yaitu Bapak Andreas Syah Pahlevi, S.Sn, M.Sn dan validator ahli materi oleh dosen PGSD UM, yaituPutri Mahanani,S.Pd, M.Pd dan guru kelas SDN Bangelan 04 yaituDwi Yunita,S.Pd.SD. Jadi tidak dapat melaksanakan penelitian secara langsung di SDN Bangelan 04 Kabupaten Malang. Penelitian ini melibatkan siswa kelas V SDN Bangelan 04 Kabupaten Malang yang berjumlah 27 siswa. Dengan memberikan media infografis yang sudah dikembangkan dan beberapa pertanyaan yang ada didalam Google Form. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah produk media penunjangpembelajaranberupa poster infografis untuksiswa kelas V SDN Bangelan 04 Kabupaten Malang. Poster infografis ini berisi tentang materiperistiwakebangsaanseputarproklamasikemerdekaankhususnya hubungan tentang keterkaitan peristiwa Rengasdengklok dengan peristiwa perumusan teks proklamasi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa dari hasil uji validasi dan data uji coba lapangan, maka diperoleh persentase data dari ahli media sebesar 88%, persentase data dari ahli materi sebesar 86%, dan persentase data dari subjek uji coba kelompok kecil sebesar 91,3%, serta persentase data dari subjek uji coba kelompok besar atau lapangan sebesar 91,7%. Rata-rata persentase dari data keseluruhan yang diperoleh 89,2%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media infografis yang dikembangkan ini sudah layak digunakan sebagai media penunjang pembelajaransiswakelas V SDN Bangelan 04 Kabupaten Malanggunamenciptakanpembelajaran yang lebihbaik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: INFOGRAFIS,SEJARAH PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA, SISWA KELAS V SDN BANGELAN 04 KABUPATEN MALANG.
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 03 Apr 2023 01:45
Last Modified: 03 Apr 2023 01:45
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2771

Actions (login required)

View Item View Item