Pengaruh motivasi dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa (studi pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Sri Endang Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa (studi pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Sri Endang Wahyuni

Wahyuni, Sri Endang (2011) Pengaruh motivasi dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa (studi pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Sri Endang Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Motivasi Lingkungan Belajar Prestasi Belajar Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan seseorang. Keberhasilan seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut berasal dari dalam diri siswa dan berasal dari luar diri siswa. Motivasi merupakan faktor yang berasal dari dalam diri siswa. Motivasi belajar sangat berperan dalam rangka pencapaian tujuan belajar. Tanpa adanya motivasi siswa tidak akan dapat mencapai tujuan belajar. Belajar perlu didukung motivasi yang kuat dan konstan. Keberhasilan siswa juga dipengaruhi oleh faktor-faktor di luar diri siswa baik faktor fisik maupun sosial-psikologis. Lingkungan belajar meliputi lingkungan keluarga sekolah maupun masyarakat. Lingkungan belajar yang mendukung seta lingkungan yg kondusif akan berpengaruh terhadap pencapaian prestasi siswa dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan rumusan masalah yang ada maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh motivasi belajar secara parsial terhadap prestasi siswa (2) pengaruh lingkungan belajar secara parsial terhadap prestasi belajar siswa dan (3) variabel motivasi dan lingkungan belajar yang mempunyai pengaruh dominan terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian deskriptif kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Singosari yang berjumlah 330 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 86 siswa yang teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik proportional random sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program komputer SPSS versi 16.0 For Windows agar hasil yang diperoleh akurat. Hasil penelitian diperoleh bahwa (a) terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial motivasi terhadap prestasi belajar siswa (b) terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa (c) Lingkungan belajar merupakan pengaruh yang dominan terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan penelitian ini disarankan (1) bagi siswa untuk mandiri dalam belajar (2) bagi orangtua guru maupun sekolah dapat memberikan arahan dan bimbingan serta dorongan belajar kepada siswa dengan menyediakan fasilitas yang mendukung belajarnya dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif yaitu dengan lingkungan pembelajaran yang tenang nyaman dan dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27709

Actions (login required)

View Item View Item