Putri, Nimas Sekar (2011) Kolaborasi model pembelajaran think pair share (TPS) dan problem based learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XII Program Keahlian Penjualan di SMK PGRI 6 Malang) / Nimas Sekar Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Think Pair Share Problem Based Learning Aktivitas Hasil Belajar Peran pendidikan sangat penting untuk menciptakan kehidupan yang cerdas damai terbuka dan demokratis. Oleh karena itu pembaruan pendidikan harus selalu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Metode pembelajaran juga merupakan bagian penting yang digunakan dalam upaya pencapaian hasil belajar yang maksimal dengan adanya metode pembelajaran yang tepat proses belajar mengajar dapat memperoleh hasil yang memuaskan dan mencapai tujuan pembelajaran dan hasil belajar yang optimal. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat akan sangat menentukan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Aktivitas merupakan prinsip yang sangat penting dalam interaksi belajar mengajar. Dalam aktivitas belajar ada beberapa prinsip yang berorientasi pada pandangan ilmu jiwa yaitu pandangan ilmu jiwa lama dan modern. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kolaborasi Think Pair Share (TPS) dan Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas XII Program Keahlian Penjualan SMK PGRI 6 Malang (2) mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa kelas XII Program Keahlian Penjualan SMK PGRI 6 Malang dengan menerapkan model pembelajaran kolaborasi Think Pair Share (TPS) dan Problem Based Learning (PBL) (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XII Program Keahlian Penjualan SMK PGRI 6 Malang terhadap penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Problem Based Learning (PBL) (4) mengetahui kendala dan solusi penerapan kolaborasi model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas XII Program Keahlian Penjualan SMK PGRI 6 Malang. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII Program Keahlian Penjualan SMK PGRI 6 Malang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes lembar kegiatan lembar observasi catatan lapangan pedoman wawancara dokumentasi dan angket. Sedangkan teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) penerapan Kolaborasi model pembelajaran TPS dan PBL pada kelas XII Pemasaran SMK PGRI 6 Malang sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari observasi keterlaksanaan kolaborasi pembelajaran kooperatif model Think Pair Share dan Problem Based Learning baik oleh siswa maupun oleh guru yang dapat dikategorikan sudah baik pada siklus I dan siklus II (2) penerapan Kolaborasi model pembelajaran TPS dan PBL pada kelas XII Pemasaran SMK PGRI 6 Malang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan presentase baik tiap indikator maupun secara keseluruhan dari aktivitas guru aktivitas siswa dan aktivitas belajar tiap kelompok (3) penerapan Kolaborasi model pembelajaran TPS dan PBL pada kelas XII Pemasaran SMK PGRI 6 Malang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siklus I dan siklus II baik ditinjau dari segi kognitif maupun afektifnya mengalami peningkatan setelah penerapan kolaborasi TPS dan PBL (4) dalam penerapan Kolaborasi TPS dan PBL terdapat beberapa kendala yang muncul namun dapat diatasi dengan solusi yang tepat sehingga kendala-kendala yang ada dapat diminimalisisr dampaknya selama proses pembelajaran berlangsung. Saran yang dapat dikemukakan sehubungan dengan penelitian ini adalah (1) bagi guru pelajaran SMK PGRI 6 Malang adalah disarankan untuk mencoba menerapkan kolaborasi model pembelajaran yang inovatif agar siswa termotivasi sehingga dapat memperoleh hasil belajar yang maksimal (2) bagi kepala sekolah SMK PGRI 6 Malang hendaknya lebih mengoptimalkan persentase kehadiran atau interaksi tatap muka siswa (3) bagi Siswa hendaknya lebih meningkatkan kreativitas mereka untuk berfikir lebih maju dan berani mengungkapkan pendapat dan bisa lebih serius dalam mengikuti pelajaran (4) bagi peneliti selanjutnya penulis mengharapkan pada peneliti selanjutnya apabila menerapkan Kolaborasi model pembelajaran TPS dan PBL untuk lebih menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya karena Kolaborasi model pembelajaran TPS dan PBL membutuhkan waktu yang lama.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27707 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |