Indriana, Yean (2011) Penerapan model pembelajaran group investigation (GI) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata diklat kewirasahaan (Studi kasus pada siswa kelas X Broadcasting di SMK Muhammdiyah 5 Kepanjen) / Yean Indriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Model Pembelajaran Group Investigation Motivasi Belajar Hasil Belajar Siswa. Pendidikan mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia berbagai upaya pendidikan telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia tersebut. Salah satunya adalah dengan melakukan kajian-kajian dan pengembangan kurikulum di Indonesia secara bertahap konsisten dan disesuaikan dengan perkembangan dan kemajuan jaman. Salah satu strategi yang dapat memberikan peran aktif siswa dalam proses belajar mengajar dapat dilakukan dengan berbagai pendekatan. Salah satu metode pembelajaran yang berkembang pada saat ini adalah pembelajaran kooperatif. Salah satu bentuk pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran kooperatif model Group Investigation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Group Investigation pada kelas X Broadcasting di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen pada mata diklat Kewirausahaan mengetahui motivasi belajar siswa pada kelas X Broadcasting di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen setelah menerapkan model Group Investigation pada mata diklat Kewirausahaan mengetahui hasil belajar siswa pada kelas X Broadcasting di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen setelah menerapkan model Group Investigation pada mata diklat Kewirausahaan mengetahui kendala-kendala dan solusi yang dihadapi dalam menerapkan modekl pembelajaran Group Investigation pada kelas X Broadcasting di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen pada mata diklat Kewirausahaan penerapan model pembelajaran Group Investigation pada kelas X Broadcasting dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen pada mata diklat Kewirausahaan. Penelitian ini merupakan penelitian jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian tidakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Broadcashting di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan) interview (wawancara) dokumentasi tes cacatan lapangan dan angket motivasi siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui 3 tahap yaitu Data Reduction (Data Reduksi) data display (Penyajian Data) dan conclusion drawing (Penarikan Kesimpulan). Hasil penelitian ini telah terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dari siklus ke siklus. Pada siklus I skor tertinggi yang diperoleh adalah 86 dan skor maksimalnya adalah 96 dengan presentase nilai rata-rata 89.58% dan termasuk dalam kategori sangat baik dan mendapatkan poin A. sedangkan skor
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27706 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |