Implementasi pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (Studi pada siswa kelas XII Jurusan Akuntansi SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Zaifullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (Studi pada siswa kelas XII Jurusan Akuntansi SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Zaifullah

Zaifullah (2011) Implementasi pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (Studi pada siswa kelas XII Jurusan Akuntansi SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Zaifullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran kooperatif Group Investigation Keaktifan Hasil belajar Pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) merupakan variasi dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi keaktifan siswa dalam belajar maka semakin baik hasil belajar mereka. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran kewirausahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) penerapan model pembelajaran Group Investigation (2) keaktifan belajar siswa pada saat penerapan kooperatif model Group Investigation (3) hasil belajar siswa setelah diadakan pembelajaran kooperatif model group investigation (4) respon siswa pada saat penerapan kooperatif model Group Investigation pada mata pelajaran kewirausahaan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dimana dalam setiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah kelas XII jurusan Akuntansi 2 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes panduan observasi format penilaian dan angket untuk siswa dan dokumentasi. Dalam tindakan siklus I keaktifan dan hasil belajar pembelajaran masih kurang. Pada tindakan siklus II keaktifan siswa sudah sangat baik dibandingkan dengan siklus I. Teknis analisis dilakukan dengan cara reduksi data penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil belajar terdiri dari aspek kognitif dengan menganalisis hasil pre tes dan post tes setiap siklus. Sedangkan aspek afektif dan psikomotor dianalisis dengan menghitung persentase frekuensi setiap indikator yang muncul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran kooperatif model Group Investigation sangat bermanfaat bagi siswa karena model tersebut telah terbukti dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa keaktifan belajar siswa yang pada siklus I sebesar 51 4% meningkat pada siklus II sebesar 81 6 % .(2) hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran kooperatif model Group Investigation mengalami peningkatan dimana diketahui pada tindakan siklus 1 nilai post test siswa meningkat sebesar 86% dibanding nilai pre test mereka sebesar 43%. Pada tindakan siklus 2 nilai post test siswa meningkat sebesar 73% dibandingkan nilai post test mereka sebesar 93 3%. Diketahui bahwa dalam tindakan siklus 2 ini kelas telah memenuhi taraf ketuntasan belajar dimana persentase siswa yang tuntas belajar diatas batas minimum persentase ketuntasan belajar kelas. Berdasarkan penelitian ini saran yang diajukan adalah sebagai berikut (1) Kepala Sekolah hendaknya dapat menjadikan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) sebagai salah satu pertimbangan dalam upaya memperbaiki penerapan strategi pembelajaran di sekolah (2) Guru hendaknya dapat menjadikan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) sebagai variasi dalam pemilihan model pembelajaran dengan tujuan agar siswa tidak bosan atau jenuh serta siswa dapat lebih aktif dan berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran (3) Siswa seharusnya dapat berpikir kreatif aktif mandiri dan lebih termotivasi dalam proses pembelajaran melalui penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI). Sehingga siswa tidak terlalu bergantung lagi terhadap guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27703

Actions (login required)

View Item View Item