Penerapan pembelajaran kooperatif model cooperative integrated reading and composition (CIRC) untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran komunikasi bisnis (studi pada siswa kelas X Pemasaran di SMK PGRI 6 Malang tahun ajaran 2010/2011) / - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model cooperative integrated reading and composition (CIRC) untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran komunikasi bisnis (studi pada siswa kelas X Pemasaran di SMK PGRI 6 Malang tahun ajaran 2010/2011) /

Hariyati, Nunuk (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif model cooperative integrated reading and composition (CIRC) untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran komunikasi bisnis (studi pada siswa kelas X Pemasaran di SMK PGRI 6 Malang tahun ajaran 2010/2011) /. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Keaktifan Prestasi Belajar Siswa Dunia pendidikan saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat baik dalam hal teknologi maupun metode pembelajaran. Upaya yang dilakukan oleh pemerintah guna memajukan kualitas pendidikan adalah dengan menyempurnakan kurikulum yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kurikulum ini menuntut guru agar tidak selalu menggunakan metode konvensional tetapi juga menggunakan metode pembelajaran kooperatif yang menuntut siswa untuk selalu aktif. Kesediaan pendidik untuk mempelajari dan menerapkan suatu hal yang baru dalam hal ini metode pembelajaran baru akan berguna untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyerap pelajaran secara maksimal Hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Komunikasi Bisnis Kelas X Pemasaran di SMK PGRI 6 Malang menunjukkan bahwa guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional atau guru yang lebih banyak mendominasi proses pembelajaran. Dengan metode ini mayoritas siswa cenderung bosan dan pasif hal ini karena mereka terbiasa bergantung pada materi yang disampaikan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam memahami materi pembelajaran yang terdapat pada mata pelajaran Komunikasi Bisnis dengan penerapan model pembelajaran CIRC. CIRC yang diterapkan terdiri atas 6 tahap yaitu pembagian kelompok pemberian wacana yang sesuai dengan topik pembelajaran bekerjasama saling membacakan dan menemukan ide pokok mempresentasikan membuat kesimpulan dan evaluasi. Data dikumpulkan dengan cara observasi wawancara tes catatan lapangan angket dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini adalah (1) sebelum diberikan tindakan atau pada saat siswa sudah mengerjakan soal pre-test Siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 7 siswa (16 7%) dan siswa yang belum tuntas belajar adalah 35 siswa (83 3%). Sedangkan setelah tindakan diberikan atau pada saat siswa sudah mengerjakan soal post-test Siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 19 siswa (43 18%) dan siswa yang belum tuntas belajar adalah 25 siswa (56 82%). (2) Sebelum diberikan tindakan atau pada saat siswa sudah mengerjakan soal pre-test Siklus II jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 16 siswa (38 09%) dan siswa yang belum tuntas belajar adalah 26 siswa (61 90%). Sedangkan setelah tindakan diberikan atau pada saat siswa sudah mengerjakan soal pos-test Siklus II jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 39 siswa (88 63%) dan siswa yang belum tuntas belajar adalah 5 siswa (11 36%). Nilai rata-rata kelas pada aspek kognitif mengalami kenaikan yaitu dari 64 43 di siklus I menjadi 75 21 di siklus II. Hal ini berarti terjadi kenaikan sekitar 10 78 yang berarti peningkatan ini cukup signifikan. Sedangkan nilai rata-rata kelas pada aspek afektif juga mengalami kenaikan. Terjadi kenaikan persentase hasil belajar aspek afektif dari siklus I ke siklus II. Di siklus I rata-rata kelas sebesar 65 72 sedangkan di siklus II sebesar 82 38. Berarti terjadi kenaikan sebesar 16 66. Adapun saran yang dapat diberikan peneliti dari penelitian yang telah dilakukan ini adalah agar pihak SMK PGRI 6 Malang tidak hanya memakai metode konvensional dalam pembelajaran sehari-hari tetapi juga memakai metode kooperatif agar siswa lebih aktif. Dalam penerapan model pembelajaran tersebut hendaknya guru memperhatikan alokasi waktu sesuai dengan apa yang sudah direncanakan serta guru hendaknya lebih memotivasi siswa untuk meningkatkan aktivitas keterampilan sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27702

Actions (login required)

View Item View Item