Kurniawan, Irul (2011) Penerapan model pembelajaran kooperatif problem based learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata diklat negosiasi kelas X Pemasaran di SMK PGRI 6 Malang / Irul Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Problem Based Learning Motivasi Belajar Hasil Belajar. Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita adalah lemahnya proses pembelajaran. Pembelajaran cenderung berpusat pada guru (teacher centered) dan siswa hanya diam duduk dan menerima informasi dari guru. Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dapat melatih siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir memecahkan masalah dan keterampilan intelektual. Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah agar motivasi belajar siswa meningkat sehingga dapat pula meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif Model Problem Based Learning (PBL) (2) Bagaimana motivasi belajar siswa dengan adanya penerapan pembelajaran kooperatif Model Problem Based Learning (PBL) (3) Bagaimana Hasil belajar siswa dengan adanya penerapan pembelajaran kooperatif Model Problem Based Learning (PBL) (4) Hambatan-hambatan apakah yang muncul selama diterapkannya model Problem Based Learning (PBL) Penelitian ini menggunakan desian penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi wawancara tes angket catatan lapangan dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Pemasaran SMK PGRI 6 Malang tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah 34 orang siswa dengan menggunkan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Peningkatan taraf keberhasilan dapat ditinjau dari aspek aktivitas siswa dan guru pada siklus I dan siklus II motivasi belajar siswa serta hasil belajar siswa aspek kognitif aspek afektif dan aspek psikomotorik. Kesimpulan yang diperoleh dari Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Problem Based Learning (PBL) dapat Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Saran yang dapat disampaikan yaitu 1) Bagi Guru mata pelajaran negosiasi dapat mengimplementasikan strategi pembelajaran yang tepat 2) Bagi Kepala Sekolah SMK PGRI 6 Malang sarana dan prasarana pembelajaran ditingkatkan. 3) Bagi peneliti selanjutnya Hendaknya dapat melakukan kegiatan penelitian lebih lanjut dapat memadukan model pembelajaran yang lain pembentukan kelompok dengan anggota yg lebih sedikit serta setiap kolompok sebaiknya diawasi oleh 1 observer agar lebih efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Apr 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27701 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |