Pengaruh ketersediaan fasilitas belajar di sekolah dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan kelas XI SMK PGRI 2 Malang tahun ajaran 2009/2010 / Mohammad Ismail - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh ketersediaan fasilitas belajar di sekolah dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan kelas XI SMK PGRI 2 Malang tahun ajaran 2009/2010 / Mohammad Ismail

Ismail, Mohammad (2011) Pengaruh ketersediaan fasilitas belajar di sekolah dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan kelas XI SMK PGRI 2 Malang tahun ajaran 2009/2010 / Mohammad Ismail. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Fasilitas Belajar Kebiasaan Belajar Prestasi Belajar Seiring pesatnya perkembangan zaman dunia pendidikan mengalami perubahan yang cukup signifikan. Konsekuensinya adalah masalah mutu pendidikan untuk itu semua pihak perlu menyamakan pemikiran dan sikap untuk mengedepankan peningkatan mutu pendidikan Nasional. Sekolah adalah tempat terjadinya aktivitas belajar mengajar salah satu faktor penting penunjang proses ini adalah tersedianya berbagai fasilitas belajar. Tersedianya fasilitas belajar akan mendukung aktivitas belajar siswa dan pada akhirnya akan turut mempengaruhi prestasi belajar siswa. Adapun fasilitas yang seharusnya dimiliki oleh sebuah lembaga pendidikan atau sekolah antara lain gedung sekolah ruang kelas laboratorium perpustakaan dan media pembelajaran . Kebiasaan adalah hal yang biasa dilakukan. Sesuatu yang dilakukan secara terus menerus dan berulang-ulang akan menjadi ciri-ciri dari seseorang. Kebiasaan belajar bukan bakat alamiah yang dibawa sejak lahir melainkan perilaku yang dipelajari secara sadar atau tidak sadar secara terus menerus. Oleh karena itu siswa diharapkan membentuk kebiasaan belajar yang baik sehingga siswa dapat memperoleh prestasi belajar yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi fasilitas belajar kebiasaan belajar dan prestasi belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan kelas SMK PGRI 2 Malang pengaruh fasilitas belajar dan kebiasaan belajar siswa secara pasial terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan kelas SMK PGRI 2 Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK PGRI 2 Malang yang berjumlah 63 orang siswa teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif analisis statistik inferensial uji hipotesis (uji t dan uji f) dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi fasilitas belajar di SMK PGRI 2 Malang adalah tergolong memadai dan dalam kondisi baik hal ini dibuktikan dengan 42 85% anggota menyatakan setuju sedangkan variabel kebiasaan belajar siswa tergolong baik hal ini dibuktikan dengan 44 44% responden menyatakan setuju bahwa kebiasaan belajar yang mereka lakukan adalah tergolong baik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa secara parsial variabel fasilitas belajar dan kebiasaan belajar memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajaar siswa dengan koefisien regresi yaitu fasilitas belajar sebesar 0 024 dan kebiasaan belajar sebesar 0 053. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Fasiltas belajar yang dimiliki oleh SMK PGRI 2 Malang Tahun Ajaran 2009/2010 adalah dalam kondisi yang baik dan memadai (2) Kebiasaan belajar siswa kelas XI SMK PGRI 2 Malang Tahun Ajaran 2009/2010 menunjukkan kebiasaan belajar yang baik (3) Prestasi belajar siswa mata diklat Kewirausahaan kelas XI SMK PGRI 2 Malang tahun ajaran 2009/2010 sudah cukup baik (4) Fasilitas belajar berpengaruh positif secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa mata diklat kewirausahaan kelas XI SMK PGRI 2 Malang Tahun Ajaran 2009/2010 (5) Fasilitas belajar berpengaruh positif secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa mata diklat kewirausahaan kelas XI SMK PGRI 2 Malang Tahun Ajaran 2009/2010. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah (1) Pihak sekolah sebaiknya mengambil kebijakan berupa memperbaiki menambah dan meningkatkan kualitas fasilitas belajar seperti gedung sekolah ruang kelas perpustakaan laboratorium dan perlengkapannya serta media pembelajaran (2) Guru wali kelas maupun guru mata diklat sebaiknya senantiasa memberikan bimbingan kepada siswanya agar memiliki kebiasaan belajar yang baik agar siswa dapat meningkatkan prestasi belajarnya (3) Siswa diharapkan dapat menjaga dan memanfaatkan fasilitas belajar yang sudah tersedia seoptimal mungkin sehingga dapat menikmati manfaatnya secara bersama-sama (4) Sebaiknya dalam penelitian selanjutnya subjek penelitian yang diambil adalah siswa kelas X-XII pada seluruh mata diklat pelajaran selain itu disarankan untuk menambah jumlah variabel penelitian untuk memperkaya hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Apr 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27700

Actions (login required)

View Item View Item