Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Geografi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Geografi

Anggraini, Citra Dewi (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Geografi. Other thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kegiatan pembelajaran geografi yang hanya dilakukan di dalam kelas menyababkan kurangnya pemahaman serta rendahnya hasil belajar siswa. Materi permasalahan geosfer dikaitkan dengan peristiwa alam yang timbul dilingkungan siswa sedemikian rupa sehingga diperoleh pemahaman yang mendalam tentang mata pelajaran dan pengalaman yang bermakna bagi siswa, karena berinteraksi langsung dengan lingkungan sekitar saat menyelesaikan masalah. Tujuan dari penelitian tersebut adalah mencari tahu keterkaitan model pembelajaran discovery berbasis lingkungan terhadap hasil belajar geografi. Jenis riset tersebut adalah eksperimen semu menggunakan pendekatan kuantitatif yang memakai model post-test only gromup design. Penelitian dilakukan di SMAN 7 Malang dengan menggunakan sampel dari kelas X 2 menjadi kelas eksperimennya serta X 3 adalah kelas kontrolnya pada semester ganjil 2022/2023. Pengukuran hasil pembelajaran dilakukan lewat essay dan analisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian memperlihatkan jika rerata post-test dikelas kontrol adalah 76,29 serta kelas eksperimen adalah 80,35. Nilai sig. uji hipotesis diperoleh sebesar 0,043 sehingga dinyatakan bahwa model pembelajaran discovery berbasis lingkungan berpengaruh pada hasil belajar geografi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Senayan Library Management System (SLIMS). Perpustakaan. Pustakawan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 03 Apr 2023 01:45
Last Modified: 03 Apr 2023 01:45
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2770

Actions (login required)

View Item View Item