Solichah, Indah Rohmatus (2012) Pengembangan E-module dalam pembelajaran tebangan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sumberdaya Manusia Perhutani Madiun / Indah Rohmatus Solichah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pengembangan E-Module Pembelajaran Tebangan Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran berbentuk modul elektronik (e-module) Pembelajaran Tebangan di Pusdiklat SDM Perhutani Madiun. Mata Pelajaran Tebangan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sumberdaya Manusia Madiun merupakan pembelajaran mengenai teori dan teknik mengenai penebangan. Pembelajaran yang diberikan sebagai dasar pengetahuan tentang penebangan oleh sebab itu diberikan kepada peserta diklat (siswa) yang mengikuti Diklat Dasar Teknis Kehutanan (DDTK). Sementara itu media pembelajaran pada mata pelajaran ini hanya tersedia dalam bentuk modul cetak yang dirasa kurang menarik. Pengembangan e-module akan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan efisiensi ketertarikan siswa peserta diklat terhadap sajian materi di dalamnya serta sesuai dengan aplikasi pembelajaran individual. Pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa e-module yang menggunakan strategi pembelajaran individual dan memiliki tingkat kemenarikan lebih tinggi pada pembelajaran Tebangan di Pusdiklat SDM Perhutani Madiun. Model Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (Reiser Robert A John V. Dempsey 2002 18). Dalam sistematika pengembangannya terdapat langkah-langkah yang akan dilakukan guna mencapai hasil yang diharapkan. Adapun tahap-tahap tersebut antara lain (1) Analisis/Analysis (2) Desain/Design (3) Pengembangan/ Development (4)Implementasi/Implementation (5)Evaluasi/Evaluation. Hasil Pengembangan e-module ini memenuhi kriteria valid/layak yakni ahli media 96 67% ahli materi 87 5% dan hasil uji coba lapangan 90 %. Sedangkan untuk tes hasil belajar siswa peserta diklat terdapat 26 orang (86 7%) yang berhasil mencapai ketuntasan dalam belajar (mastery learning) dan nilai mencapai SKM (Standar Ketuntasan Minimum). Dengan demikian e-module ini bisa dikatakan efektif dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Saran yang diajukan kepada guru pengajar mata pelajaran tebangan adalah hendaknya e-module ini ditindak lanjuti sampai pada tahap pemanfaatan sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan untuk pengembang selanjutnya disarankan agar mempertimbangkan aspek alur kerja media pembelajaran yang dikembangkan agar media yang dihasilkan dapat dimanfaatkan pada strategi pembelajaran yang direncanakan. DAFTAR
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/277 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |