Penerapan metode pembelajaran model cooperative integrated reading and composition (CIRC) untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas X TEI 1 SMKN 2 Pasuruan) / Kartika Febriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran model cooperative integrated reading and composition (CIRC) untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas X TEI 1 SMKN 2 Pasuruan) / Kartika Febriani

Febriani, Kartika (2011) Penerapan metode pembelajaran model cooperative integrated reading and composition (CIRC) untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas X TEI 1 SMKN 2 Pasuruan) / Kartika Febriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kooperatif CIRC keaktifan prestasi belajar siswa kewirausahaan Dunia pendidikan saat ini telah mengalami perkembangan yang pesat baik dalam hal teknologi maupun metode pembelajaran yang bervariasi demi mencetak masyarakat yang cerdas dan berdaya intelektual. Perkembangan ini harus diikuti oleh oknum pendidik yang tidak hanya bertugas untuk mentransfer ilmu tetapi juga mengajarkan norma adat istiadat serta etika berperilaku dalam kehidupan. Hasil wawancara terhadap siswa kelas X TEI 1 SMKN 2 Pasuruan menunjukkan bahwa guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional atau guru yang lebih banyak mendominasi proses pembelajaran. Dengan metode ini mayoritas siswa cenderung bosan dan pasif ini karena mereka terbiasa bergantung pada materi yang disampaikan guru. Salah satu metode yang dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan kektifan dan prestasi belajar siswa adalah model pembelajaran CIRC. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran menggunakan model CIRC (2) Meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Kewirausahaan dengan menggunakan model pembelajaran CIRC (3) Meningkatkan ketuntasan belajar siswa dalam pembelajaran menggunakan model CIRC. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini adalah (1) sebelum diberikan tindakan atau pada saat siswa sudah mengerjakan soal pre-test Siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 26 siswa (74 29%) dan siswa yang belum tuntas belajar adalah 9 siswa (25 71%). Sedangkan setelah tindakan diberikan atau pada saat siswa sudah mengerjakan soal post-test Siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 30 siswa (85 71%) dan siswa yang belum tuntas belajar adalah 5 siswa (14 29%). Terdapat peningkatan jumlah siswa yang tuntas belajar sebelum dan sesudah pemberian tindakan pada Siklus I yaitu sebesar (11 42%). (2) Sebelum diberikan tindakan atau pada saat siswa sudah mengerjakan soal pre-test Siklus II jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 8 siswa (22 85%) dan siswa yang belum tuntas belajar adalah 27 siswa (77 15%). Sedangkan setelah tindakan diberikan atau pada saat siswa sudah mengerjakan soal post-test Siklus II jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 31 siswa (88 57%) dan siswa yang belum tuntas belajar adalah 4 siswa (11 43%). Terdapat peningkatan jumlah siswa yang tuntas belajar sebelum dan sesudah pemberian tindakan pada Siklus II sebesar (65 72%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27699

Actions (login required)

View Item View Item