Dewi, Eka Sisyoria Candra (2011) Penerapan metode pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas XI Akuntansi di SMK PGRI 2 Malang) / Eka Sisyoria Candra Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation Hasil belajar. Dalam kehidupan pendidikan memegang peranan penting karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Upaya peningkatan kualitas pendidikan ini harus diiringi dengan kemampuan dan keterampilan yang mendukung proses belajar mengajar. Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan salah satunya adalah dengan perbaikan mutu belajar-mengajar di sekolah. Proses pembelajaran di kelas saat ini masih berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan kemudian model pembelajaran ceramah menjadi pilihan utama dalam proses pembelajarannya sehingga seringkali proses belajar dan prestasi belajar yang diraih tidak sesuai dengan yang diharapkan. Maka diperlukan sebuah strategi belajar yang yang lebih memberdayakan potensi yang dimiliki siswa atau metode pembelajaran yang melibatkan siswa aktif sehingga dapat mengubah proses pembelajaran yang bersifat berpusat pada guru menjadi berpusat pada siswa yang memberikan dampak positif pada potensi dan kompetensi siswa. Salah satu solusi untuk mengatasi dominansi guru adalah dengan menggunakan model pembelajaran inovatif yang konsep dasar pembelajarannya berpusat pada keaktifan siswa selama proses pembelajaran. Salah satunya model tersebut adalah Group Investigation (GI). Diharapkan dengan menggunakan berbagai variasi mengajar dan salah satunya dengan menggunakan model Group Investigation (GI) ini hasil belajar siswa akan meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XI AK di SMK PGRI 2 Malang. (2)Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI AK di SMK PGRI 2 Malang pada mata pelajaran kewirausahaan setelah diterapkan model pembelajaran Group Investigation (GI). (3)Untuk mengetahui Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat proses pelaksanaan pembelajaran model Group Investigation (GI) pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XI AK di SMK PGRI 2 Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 4 tahap pada masing-masing siklusnya yakni meliputi perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan sekaligus pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi di SMK PGRI 2 Malang yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi catatan lapangan dokumentasi tes dan angket. Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa setelah melakukan proses belajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model Group Investigation meningkat terbukti pada aspek kognitif hasil perbandingan nilai pre-test dan post-test siklus 1 yang mengalami ketuntasan sebesar 73 34% yang belum tuntas adalah 26 66%. Dan pada siklus 2 hasil presentase ketuntasan menjadi meningkat sebesar 90% dan yang belum tuntas menjadi 10%. Saran yang dapat peneliti berikan kepada guru mata pelajaran kewirausahaan adalah sebaiknya dianjurkan menggunakan metode kooperatif model Group Investigation untuk meningkatan hasil belajar siswa. Dalam menerapkan pembelajaran ini guru hendaknya dapat mengorganisir waktu dengan baik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal guru harus mengalokasikan waktu secara tepat untuk setiap tahap rencana pembelajaran yang akan disusun dan melakukan ketentuan tersebut sehingga efisiensi waktu pembelajaran terjaga. Selain itu guru juga harus selalu memberi arahan dan motivasi terhadap seluruh siswa terutama siswa yang mempunyai kemampuan lebih rendah perlu mendapatkan perhatian yang lebih agar mereka termotivasi dan lebih aktif dalam mengemukakan pendapatnya. Metode pembelajaran kooperatif model Group Investigation membutuhkan media pembelajaran untuk itu guru harus dapat mengupayakan menggunakan media pembelajaran yang bervariasi baik handout studi kasus atau media pembelajaran penunjang untuk guru. Sehingga membuat peserta didik tertarik dan bersemangat mengikuti kegiatan belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27698 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |