Azizah, Siti Nur (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) pada mata diklat kewirausahaan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Ardjuna 01 Malang / Siti Nur Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Hasil belajar siswa Kualitas dari suatu bangsa ditentukan dari kualitas pendidikan warga negaranya. Komponen penting dalam pendidikan salah satunya yaitu kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran pada dasarnya bukan semata-mata bertujuan mentransfer ilmu (materi) dari guru kepada peserta didik. Fakta yang terjadi adalah guru dianggap sumber belajar yang paling benar. Mengatasi masalah tersebut perlu dilakukan suatu upaya yaitu dengan mengimplementasikan suatu model pembelajaran kooperatif. Penyempurnaan kegiatan belajar mengajar Mata Diklat Kewirausahaan dicobakan dengan mengimplementasikan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI). Dalam hal ini pembelajaran didesain dengan mengkonfrontasikan siswa dengan masalah-masalah kontekstual yang berhubungan dengan materi sekolah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah dengan adanya perbedaan dalam menggunakan model mengajar dapat mempengaruhi pencapaian hasil belajar siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Ardjuna 01 Malang. (2) Untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model GI (Group Investigation) mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Ardjuna 01 Malang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Ardjuna 01 Malang dengan jumlah 19 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research dengan dua siklus. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi wawancara tes angket catatan lapangan dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu 1) Reduksi data 2) Penyajian data dan 3) Penyimpulan hasil analisis.. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model GI (Group Investigation) pada Mata Diklat Kewirausahaan di kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Ardjuna 01 Malang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui berdasarkan hasil peningkatan ketercapaian hasil belajar siswa pada setiap siklusnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27696 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |