Ma'ruf, Hadi (2011) Penerapan model pembelajaran student teams achievement division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Pemasaran SMK PGRI 3 Malang / Hadi Ma'ruf. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Metode pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) hasil belajar siswa. Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita sekarang adalah masalah lemahnya proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang ada selama ini ternyata hanya membuat siswa sangat terbebani dengan materi dan tugas yang diberikan oleh guru sehingga siswa merasa bosan di dalam kelas. Dalam pembelajaran di kelas telah banyak pendekatan-pendekatan yang dilakukan oleh guru tetapi sampai saat ini belum mendapatkan hasil yang memuaskan ini ditunjukkan dengan hasil-hasil ujian siswa baik ujian nasional maupun ujian sekolah serta keterampilan individu siswa itu sendiri. Dari pihak sekolah sendiri juga belum berdaya untuk menciptakan suasana belajar yang memungkinkan siswa berpikir kritis kreatif bertanggung jawab dan memberi peluang bagi siswa untuk menjelajahi idenya yang imajinatif. Oleh sebab itu perlu adanya sebuah metode pembelajaran untuk membangkitkan semangat peserta didik agar aktif dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian ini mencoba menerapkan metode pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division. STAD merupakan bentuk pembelajaran kooperatif di mana siswa dilatih untuk bekerja secara berkelompok beranggotakan 4 orang yang heterogen untuk memecahkan suatu masalah yang ada di dunia nyata diharapkan siswa dapat memecahkan permasalahan serta mencari informasi sendiri dalam kelompok yang kemudian bekerja sama untuk mencapai ketuntasan belajar bersama. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif model STAD di SMK PGRI 3 Malang. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X pemasaran 1 SMK PGRI 3 Malang pada materi kepemimpinan. 3) Untuk mengetahui respons siswa kelas X pemasaran 1 SMK PGRI 3 Malang terhadap penerapan pembelajaran kooperatif model STAD pada materi kepemimpinan. Subyek penelitian adalah siswa kelas X Pm 1 di SMK PGRI 3 Malang dengan jumlah 29 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dirancang dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data penelitian dikumpulkan melalui 1) tes 2) lembar observasi 3) angket 4) dokumentasi dan 5) catatan lapangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus mencakup 4 tahap kegiatan yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan tindakan 3) pengamatan dan 4) refleksi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif model STAD secara umum telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan dari aspek kognitif siswa siklus 1 sebesar 65.51 menjadi 82 75 pada siklus 2. Peningkatan sebesar 17 24 tersebut sudah menunjukkan ketuntasan belajar yaitu dari siklus 1 yang hanya 19 siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 24 siswa yang tuntas belajar. Dari aspek afektif siswa siklus 1 sebesar 72 44 meningkat menjadi 85 03 pada siklus 2. Hal ini mencerminkan bahwa siswa telah memiliki kemampuan bertannya berdiskusi menjawab yang baik. Dari aspek psikomotor siswa siklus 1 sebesar 8 09 menjadi 10 10 pada siklus 2. Hal ini juga mencerminkan bahwa siswa telah memiliki kemampuan bekerjasama kehadiran kejujuran dan keaktifan yang baik. Meskipun dalam pelaksanaan tindakan banyak kekurangan dan kelemahan di siklus 1 maka peneliti mencoba memperbaiki pada siklus 2 Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa 1) Pembelajaran kooperatif model STAD sangat bermanfaat bagi siswa karena model tersebut telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 2) Hasil belajar siswa kelas X Pm 1 di SMK PGRI 3 Malang sebelum diterapkannya pembelajaran kooperatif model STAD adalah kurang atau belum maksimal dalam mencapai ketuntasan belajar. Akan tetapi hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran kooperatif model STAD mengalami peningkatan dimana diketahui pada tindakan siklus 1 nilai Post Test siswa meningkat dibanding nilai Pre Test mereka. 3) Respons siswa terhadap penerapan pembelajaran kooperatif model STAD sangat positif siswa menganggap penerapan model tersebut sangat bermanfaat bagi siswa karena model tersebut telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar meraka. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu 1) Sekolah diharapkan memberi pengetahuan mengenai berbagai metode atau cara mengajar yang lebih beragam kepada guru mata pelajaran. 2) Guru hendaknya lebih meningkatkan motivasi siswa untuk berpikir lebih aktif dalam memecahkan suatu masalah saling bekerja sama antar siswa dan memberikan bimbingan pada siswa untuk memecahkan suatu masalah. 3) Diknas hendaknya dapat memberikan sosialisasi mengenai model-model pembelajaran kooperatif terhadap guru atau sekolah melalui pelatihan atau seminar. 4) Penelitian ini dapat menjadi acuan bagi peneliti-peneliti selanjutnya dalam penulisan karya ilmiahnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27695 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |