Penerapan model pembelajaran learning cycle (siklus belajar) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas X Pemasaran SMK PGRI 2 Malang / Wahyu Rizqi Hidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran learning cycle (siklus belajar) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas X Pemasaran SMK PGRI 2 Malang / Wahyu Rizqi Hidayah

Hidayah, Wahyu Rizqi (2011) Penerapan model pembelajaran learning cycle (siklus belajar) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas X Pemasaran SMK PGRI 2 Malang / Wahyu Rizqi Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Learning Cycle Aktivitas Belajar Hasil belajar Kewirausahaan Penelitian Tindakan Kelas Kualitas pendidikan tidak terlepas dari peran seorang guru dalam proses pembelajaran terutama dalam pemilihan model pembelajaran. Metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru di SMK PGRI 2 Malang selama ini menggunakan ceramah merangkum dan memberikan tugas. Menyebabkan siswa menjadi pasif dan kurang mandiri dalam belajar. Oleh karena itu perlu adanya ujicoba dengan penerapan model pembelajaran Learning Cycle. Penelitian ini merupakan penelitian tidakan kelas. Pelaksanaan dilakukan melalui dua siklus tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Pemasaran SMK PGRI 2 Malang. Pengumpulan data menggunakan observasi interview tes catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Learning Cycle hasil belajar ranah kognitif pada siklus I ketuntasan belajar 53 3% dan siklus II ketuntasan belajar 91 4%. Hasil belajar dilihat dari ranah afektif pada siklus I 17 siswa memiliki nilai 80% dengan kualifikasi sangat baik kualifikasi baik ada 11 siswa dan kualifikasi cukup baik ada 5 siswa. Pada siklus II siswa dengan nilai 80% dengan kualifikasi sangat baik terdapat 16 siswa dan kualifikasi baik ada 19 siswa dan kualifikasi cukup baik ada 4 siswa. Faktor pendukung Learning Cycle adalah pihak sekolah memberikan izin untuk penelitian siswa bisa menerima kehadiran peneliti dengan baik dan peneliti dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Faktor penghambatnya adalah pelaksanaan membutuhkan waktu yang relatif lama rasa percaya diri siswa rendah dan ada siswa yang melakukan aktivitas diluar skenario pembelajaran Saran di penelitian ini adalah guru perlu melakukan uji coba model pembelajaran apabila terdapat masalah dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27694

Actions (login required)

View Item View Item