Pengaruh motivasi belajar dan hasil prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan terhadap minat berwiraswasta pada siswa kelas 2 SMK Negeri 1 Sumenep / Dewi Nurika Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi belajar dan hasil prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan terhadap minat berwiraswasta pada siswa kelas 2 SMK Negeri 1 Sumenep / Dewi Nurika Sari

Sari, Dewi Nurika (2010) Pengaruh motivasi belajar dan hasil prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan terhadap minat berwiraswasta pada siswa kelas 2 SMK Negeri 1 Sumenep / Dewi Nurika Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci motivasi belajar prestasi belajar minat berwiraswasta. Mata pelajaran kewirausahaan akan menggugah minat siswa dalam mengembangkan jiwa kewiraswastaannya. Siswa akan terdorong minatnya untuk menekuni materi program diklat ini dan terbuka dirinya untuk memperoleh rangsangan-rangsangan untuk mempunyai jiwa kewiraswastaan. Inti dari kewiraswastaan adalah siswa tergugah untuk melakukan kemandirian dalam berusaha siswa dapat merubah sikap dari ketergantungan kepada orang lain menjadi mandiri dan mampu menciptakan lapangan kerja sendiri. Siswa yang berminat dalam berwiraswasta cenderung memilih karir ke sektor swasta dan berwiraswasta. Semakin besar minat siswa untuk tertarik kepada bidang wiraswasta akan besar pula usaha dan keinginan siswa untuk mewujudkannya. Untuk itu siswa harus mempelajari pengetahuan yang berkaitan dengan kewiraswastaan yang lebih serius. Dalam rangka mengantisipasi proses globalisasi berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah khususnya Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) yang salah satunya adalah diberlakukannya kurikulum baru yaitu dengan adanya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang intinya sekolah berhak menyusun kurikulum sendiri berdasarkan keadaan sekolah itu sendiri dengan tetap mengacu pada panduan nasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui motivasi belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas 2 SMK Negeri I Sumenep (2) Mengetahui prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas 2 SMK Negeri I Sumenep (3) Mengetahui minat berwiraswasta siswa kelas 2 SMK Negeri I Sumenep (4) Mengidentifikasi dan mendeskripsikan usaha-usaha guru pembina pada mata pelajaran kewirausahaan dalam meningkatkan minat berwiraswasta siswa kelas 2 SMK Negeri I Sumenep (5) Mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap minat berwiraswasta pada siswa kelas 2 SMK Negeri I Sumenep (6) Mengetahui pengaruh prestasi belajar terhadap minat berwiraswasta pada siswa kelas 2 SMK Negeri I Sumenep (7) Mengetahui pengaruh motivasi belajar dan prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan secara simultan terhadap minat berwiraswasta pada siswa kelas 2 SMK Negeri I Sumenep Penelitian ini merupakan penelitiaan deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian adalah keseluruhan siswa kelas 2 SMK Negeri I Sumenep yang berjumlah 310 siswa. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling diambil 76 siswa sebagai sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah kuesioner dengan menggunakan skala Likert dengan 5 alternatif jawaban dokumentasi wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil pengolahan data sebagian besar siswa kelas 2 SMK Negeri I Sumenep menyatakan hampir selalu dalam memiliki motivasi belajar pada mata pelajaran kewirausahaan (2) hasil pengolahan data sebagian besar siswa kelas 2 SMK Negeri I Sumenep memiliki prestasi belajar yang baik dari hasil nilai raport pada mata pelajaran kewirausahaan (3) hasil pengolahan data sebagian besar siswa kelas 2 SMK Negeri I Sumenep menyatakan jarang dalam memiliki minat berwiraswasta (4) Usaha-usaha guru pembina mata pelajaran Kewirausahan dalam meningkatkan minat berwiraswasta siswa kelas II SMK Negeri I Sumenep adalah melalui penerapan metode pembelajaran yang variatif mengoptimalkan pembelajaran kewirausahaan dengan meningkatkan penguasaan pada aspek afektif kognitif dan psikomotorik (5) pengujian hipotesis (uji t) dapat diketahui bahwa ada pengaruh positif yang signifikan motivasi belajar terhadap minat berwiraswasta siswa kelas 2 SMK Negeri I Sumenep (6) pengujian hipotesis (uji t) dapat diketahui bahwa tidak terdapat pengaruh positif yang signifikan prestasi belajar program diklat kewirausahaan terhadap minat berwiraswasta siswa kelas 2 SMK Negeri I Sumenep (7) berdasarkan pengujian hipotesis (F) dapat diketahui bahwa ada pengaruh positif yang signifikan antara motivasi belajar dan prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan secara simultan terhadap minat berwiraswasta pada siswa kelas 2 SMK Negeri I Sumenep. Berdasarkan hasil penelitian saran yang diajukan sebagai berikut (1) Penguasaan kompetensi siswa kelas 2 SMK Negeri I Sumenep pada mata pelajaran kewirausahaan harus ditingkatkan lagi baik melalui peningkatan faktor internal yaitu keterlibatan siswa itu sendiri maupun peningkatan faktor eksternal yaitu lingkungan sekolah dengan segala aspeknya (2) Minat berwiraswasta perlu ditingkatkan lagi khususnya melalui pembelajaran mata pelajaran kewirausahaan (3) Pembelajaran kewiraswastaan hendaknya berpusat pada siswa berorientasi pada praktik dan studi kasus (4) Siswa hendaknya meningkatkan pemahaman tentang ilmu yang terkait dengan program keahlian yang ditekuninya dengan cara mencari referensi yang relevan (5) Hendaknya diperlukan adanya peran aktif dan sinergik dari semua lembaga yang terkait.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27691

Actions (login required)

View Item View Item