Pengaruh kompetensi profesionalisme guru dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru (studi kasus pada SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Yudhi Pratama Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kompetensi profesionalisme guru dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru (studi kasus pada SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Yudhi Pratama Putra

Putra, Yudhi Pratama (2010) Pengaruh kompetensi profesionalisme guru dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru (studi kasus pada SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Yudhi Pratama Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kompetensi Profesionalisme Guru Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Kinerja Guru. Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) dan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Undang-Undang Guru dan Dosen (UUGD) serta Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) dinyatakan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan persyaratan memiliki kualifikasi akademik minimal S1 atau Diploma IV yang relevan dan menguasai kompetensi sebagai agen pembelajaran. Sebagai agen pembelajaran seorang guru harus memiliki kompetensi pedagogik kompetensi kepribadian kompetensi profesional dan kompetensi sosial yang dibuktikan dengan sertifikat pendidik. Gaya kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kualitas mutu sekolah. Seorang pimpinan baik di sekolah maupun di organisasi apapun dapat mempengaruhi moral kepuasan kerja keamanan kualitas kehidupan kerja dan terutama tingkat prestasi suatu organisasi Penerapan gaya kepemimpinan kepala sekolah yang tepat akan mempunyai pengaruh yang berarti dalam pengambilan keputusan maupun dalam mempengaruhi guru untuk melakukan pekerjaan yang lebih efisien dan efektif untuk mencapai kinerja guru yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesionalisme guru dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi yang dipilih adalah adalah seluruh guru di SMK Muhammadiyah 3 Singosari yang berjumlah 39 guru. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda (multiple regression). Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang positif antara kompetensi profesionalisme guru terhadap kinerja guru SMK Muhammadiyah 3 Singosari thitung ttabel (4 136 2 026) atau Sig t 0 05 (0 000 0 05) (2) Terdapat pengaruh positif antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja guru SMK Muhammadiyah 3 Singosari thitung ttabel (3 501 2 026) atau Sig t 0 05 9 (0 001 0 05) (3) Terdapat pengaruh positif secara simultan antara kompetensi profesionalisme guru dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap Kinerja guru SMK Muhammadiyah 3 Singosari Fhitung Ftabel (9 100 3 259) atau Sig F 0 05 (0 001 0 05) dan (4) Variabel bebas ii kompetensi profesionalisme guru menunjukkan pengaruh yang dominan terhadap variabel terikat kinerja guru dibuktikan dengan Sumbangan Efektif (SE) 32%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan maka saran yang dapat diberikan (1) Bagi Guru Berusaha meningkatkan komponen kompetensi profesionalisme yang terdiri dari kompetensi kepribadian pedagogik profesional dan sosial. Peningkatan tersebut dapat dengan cara mengikuti program diklat baik dari Diknas maupun umum yang berkaitan dengan pengembangan kompetensi profesionalisme. Selain itu disarankan bagi para guru untuk melakukan assesmen melalui program sertifikasi guru untuk memperoleh pelatihan dan pengakuan yang formal terhadap kompetensi profesional yang dimiliki oleh masing-masing guru. Untuk mempertahankan dan meningkatkan kompetensi profesional guru maka hendaknya guru menguasasi materi struktur konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran para guru hendaknya menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran mengembangkan materi dan penerapan metode pembelajaran yang diampu secara kreatif mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan korektif serta memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri. (2) Bagi Kepala Sekolah Untuk memperbaiki dan meningkatkan gaya kepemimpinan kepala sekolah yang berorientasi kepada tugas dan berorietasi pada hubungan manusia hendaknya kepala sekolah memberikan arahan yang jelas sebelum dan sesudah melaksanakan tugas kepala sekolah hendaknya memahami keadaan para guru kepala sekolah hendaknya selalu memberikan contoh teladan yang baik kepada para guru kepala sekolah hendaknya melarang para guru untuk melakukan perbuatan yang melanggar hukum dan perundang-undangan yang berlaku. Kepala sekolah memberikan kesempatan para guru untuk mengerjakan tugas sesuai dengan kemauan tanpa paksaan asalkan sesuai peraturan hendaknya kepala sekolah memberikan informasi yang jelas dalam memberikan tugas kepada para guru kepala sekolah hendaknya terbuka dalam kegiatan organisasi untuk mencapai tujuan sekolah. (3) Bagi Peneliti selanjutnya Melihat kondisi di lapangan sebelum membuat angket agar informasi yang diperoleh sesuai dengan kondisi nyata di lapangan sehingga topik yang di angkat dapat dibahas dan disajikan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27689

Actions (login required)

View Item View Item