Penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran kewirausahaan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X program keahlian administrasi perkantoran 2 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Ariska Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran kewirausahaan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X program keahlian administrasi perkantoran 2 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Ariska Kurniawati

Kurniawati, Ariska (2010) Penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran kewirausahaan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X program keahlian administrasi perkantoran 2 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Ariska Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Problem Based Learning Hasil Belajar. Pendidikan mempunyai peranan penting untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan kehidupan suatu bangsa. Oleh karena itu bidang pendidikan merupakan salah satu sektor yang mendapat perhatian dari pemerintah. Perhatian pemerintah dalam bidang pendidikan dewasa ini semakin meningkat hal ini ditunjukkan oleh usaha pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional yang telah dilakukan oleh pemerintah yaitu dengan melakukan penyempurnaan kurikulum dari KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) yang telah disempurnakan menjadi KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) pada tahun 2004 dan 2006. Dengan penyempurnaan kurikulum maka proses pembelajaran harus didukung oleh metode pembelajaran yang berkualitas. Salah satu metode tersebut adalah Model Pembelajaran Problem Based Learning. Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning siswa diwajibkan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran dan guru hanya sebagai fasilitator. Berdasarkan observasi awal diketahui proses pembelajaran pada mata pelajaran Kewirausahaan kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran 2 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari masih didominasi oleh metode ceramah dan tanya jawab artinya guru hanya memindahkan informasi yang diketahui oleh guru dan siswa diminta mencatat. Selama ini kebanyakan guru hanya mengejar target mengajar saja apabila seluruh materi dalam buku sudah diajarkan berarti tugas guru sudah selesai. Proses pembelajaran yang monoton berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat menambah variasi pembelajaran adalah Model Pembelajaran Problem Based Learning yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Kewirausahaan kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran 2 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari (2) Hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran 2 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari pada mata pelajaran Kewirausahaan sebelum pelaksanaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (3) Hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran 2 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari pada mata pelajaran Kewirausahaan sesudah pelaksanaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan (4) Respon siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran 2 setelah adanya penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Kewirausahaan di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu (1) Perencanaan tindakan (2) Pelaksanaan tindakan (3) Observasi dan (4) Refleksi hasil tindakan. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran 2 SMK Muhammadiyah 3 Singosari dimana siswa yang mengikuti pembelajaran pada mata pelajaran Kewirausahaan berjumlah 31 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan analisis data meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes observasi kuesioner catatan lapangan wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terdiri dari lima tahapan yaitu (a) Tahap orientasi siswa kepada masalah (b) Tahap mengorganisasi siswa untuk belajar (c) Tahap membimbing penyelidikan individual dan kelompok (d) Tahap mengembangkan dan menyajikan hasil karya dan (e) Tahap menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah (2) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran 2 pada mata pelajaran Kewirausahaan di SMK Muhammadiyah 3 Singosari terbukti dengan rata-rata nilai pre test siklus I dan siklus II yang meningkat sebesar 6 97 dari 53 67 pada siklus I menjadi 60 64 pada siklus II (3) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran 2 pada mata pelajaran Kewirausahaan di SMK Muhammadiyah 3 Singosari terbukti dengan rata-rata nilai rata-rata post test siklus I dan siklus II yang meningkat sebesar 7 43 dari 79 67 pada siklus I menjadi 87 1 pada siklus II (4) Hasil respon menunjukkan respon yang positif dari para siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran 2 SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Siswa menyatakan senang mengikuti pembelajaran lebih mudah memahami materi pembelajaran dapat melatih diri untuk saling bekerjasama dan lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat diberikan saran yaitu (1) Guru mata pelajaran Kewirausahaan disarankan untuk menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa (2) Penerapan dan pelaksanaan Model Pembelajaran Problem Based Learning hendaknya lebih variatif misalnya dengan mengajak para siswa terjun langsung ke lapangan untuk mengamati obyek yang dipelajari (3) Permasalahan yang digunakan dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning hendaknya lebih aktual dan beragam dan (4) Kepada peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian pada mata pelajaran yang lain guna mengetahui keberhasilan penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa. KATA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27687

Actions (login required)

View Item View Item