Penerapan metode pembelajaran talking stick dalam upaya meingkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas X Pemasaran pada mata pelajaran memahami prinsip bisnis di SMK Islam Batu / Avita Anggi Purwaningtias

Purwaningtias, Avita Anggi (2010) Penerapan metode pembelajaran talking stick dalam upaya meingkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas X Pemasaran pada mata pelajaran memahami prinsip bisnis di SMK Islam Batu / Avita Anggi Purwaningtias. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purwaningtias, Avita, Anggi. 2010. Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pemasaran pada Mata Pelajaran Memahami Prinsip Bisnis di SMK Islam Batu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Suwarni, M.Si (II) Imam Bukhori, S.Pd., M.M. Kata kunci: Talking Stick, Motivasi, Prestasi Belajar. Bidang pendidikan merupakan salah satu sektor yang mendapat perhatian dari pemerintah. Salah satu masalah yang dirasakan dunia pendidikan adalah masalah lemahnya proses pembelajaran. Metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar yang dapat membantu siswa agar dapat berperan aktif adalah metode pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Talking Stick, motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran Talking Stick , dan prestasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran Talking Stick, yaitu pada materi Memahami Prinsip Bisnis kelas X Pemasaran. Penelitian ini dilakukan di SMK Islam Batu, tanggal 20 Mei 2010 sampai 6 Juni 2010. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Alat pengumpulan data menggunakan soal tes, lembar observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan pedoman wawancara. Pengisian pada lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta lembar catatan lapangan dilakukan dengan bantuan 3 (tiga) orang teman sejawat mahasiswa Universitas Negeri Malang program pendidikan Tata Niaga yaitu, Aprilia Rukmana, Arizki Wahyudiono, dan Niken Dewi Hastika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan metode pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas X Pemasaran di SMK Islam Batu, (2) motivasi siswa setelah diterapkan metode pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas X Pemasaran di SMK Islam Batu, (3) hasil belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas X Pemasaran di SMK Islam Batu. Penelitian ini dilakukan dalam 2 (dua) siklus. Pelaksanaan tindakan siklus I dilaksanakan sebanyak 2 (dua) kali pertemuan selama 2 (dua) jam pelajaran. Pertemuan siklus I dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 6 Mei 2010 dan 20 Mei 2010. Pelaksanaan tindakan siklus II dilaksanakan sebanyak 2 (dua) kali pertemuan selama 2 (dua) jam pelajaran pada hari Kamis tanggal 27 Mei 2010 sampai 3 Juni 2010. Siklus I dan Siklus II diikuti oleh 35 siswa kelas X Pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan terhadap motivasi siswa pada siklus I dan siklus II. Hasil ini dapat dibuktikan melalui hasil dari angket motivasi siswa. (1) pada siklus I taraf motivasi belajar siswa mencapai 3,96, (2) pada siklus II taraf motivasi siswa meningkat menjadi 4,16. Hasil ini diperoleh berdasarkan angket motivasi yang diberikan oleh guru pada siswa pada akhir siklus I dan siklus II. Metode pembelajaran Talking Stick juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Melalui pre test dan post test diperoleh hasil: (1) rata-rata skor pre test siswa pada siklus I adalah 68,28 dengan skor tertinggi 80 dan jumlah siswa yang tuntas belajar (Skor > 70) sebanyak 27 siswa, rata-rata skor post test meningkat menjadi 89,71 dengan skor tertinggi sebesar 100 dan jumlah siswa yang tuntas belajar (skor > 70) sebanyak 33 siswa. (2) rata-rata skor pre test siswa pada siklus II adalah 80 dengan skor tertinggi 90 dan jumlah siswa yang tuntas belajar (Skor > 70) sebanyak 33 siswa, rata-rata skor post test siswa meningkat menjadi 86,57 dengan skor tertinggi 100 dan jumlah siswa yang tuntas belajar (Skor > 70) sebanyak 34 siswa. Kesimpulan dari penelitian ini antara lain: (1) Penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran Memahami Prinsip Bisnis dilaksanakan dalam 2 siklus. Langkah-langkah penerapan metode pembelajaran Talking Stick yaitu: a) guru menyiapkan tongkat, b) guru menyiapkan materi pokok yang akan dipelajari kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi pada pegangannya atau paketnya, c) setelah selesai membaca buku dan mempelajari materi, guru mempersilahkan siswa untuk menutup bukunya, d) guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawab setiap pertanyaan yang diberikan oleh guru mengenai materi pembelajaran, e) guru memberikan kesimpulan, f) evaluasi, g) penutup. (2) Penerapan metode pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X Pemasaran. Hasil ini dapat dibuktikan melalui hasil dari angket motivasi siswa. Pada siklus I taraf motivasi belajar siswa mencapai 3,96 pada siklus II taraf motivasi siswa meningkat menjadi 4,16. (3) Penerapan metode pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X Pemasaran. Melalui pre test dan post test diperoleh hasil rata-rata skor pre test siswa pada siklus I adalah 68,28 dengan skor tertinggi 80, rata-rata skor post test meningkat menjadi 89,71 dengan skor tertinggi sebesar 100. Rata-rata skor pre test siswa pada siklus II adalah 80 dengan skor tertinggi 90, rata-rata skor post test siswa meningkat menjadi 86,57 dengan skor tertinggi 100. Saran yang dikemukakan dalam penelitian ini anata lain: (1) Bagi Kepala SMK Islam Batu, untuk memberikan motivasi kepada guru mata pelajaran baik Memahami Prinsip Bisnis maupun yang lainnya agar menerapkan metode pembelajaran Talking Stick dalam proses belajar mengajarnya. (2) Bagi guru mata pelajaran Memahami Prinsip Bisnis SMK Islam Batu untuk mencoba menerapkan pembelajaran metode Talking Stick pada bahasan yang lain karena siswa memberikan respon yang positif terhadap pembelajaran metode ini dan dapat mengimplementasikan metode Talking Stick pada pokok bahasan yang sesuai untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Dengan demikian siswa akan termotivasi untuk belajar sehingga dapat meningkatkan prestasi belajarnya. (3) Dalam menerapkan metode ini, guru perlu mengatur waktu, menyiapkan rencana kegiatan dan media yang tepat sehingga pembelajaran yang dilakukan dapat berlangsung secara optimal dan efisien sehingga tuntutan kurikulum tercapai. (2) Guru perlu menyebutkan indikator-indikator yang ada dalam tahap pembelajaran Talking Stick agar yang diajarkan lebih optimal. (3) Bagi peneliti lain yang ingin mengembangkan penelitian ini disarankan untuk menerapkan metode pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27686

Actions (login required)

View Item View Item