Implementasi pembelajaran kooperatif metode problem solving untuk meningkatkan hasil belajar (Studi pada siswa penjualan kelas X SMK Muhammadiyah pada mata diklat kewirausahaan tahun ajaran 2009/2010) / Retno Wahyuning Tyastutik - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran kooperatif metode problem solving untuk meningkatkan hasil belajar (Studi pada siswa penjualan kelas X SMK Muhammadiyah pada mata diklat kewirausahaan tahun ajaran 2009/2010) / Retno Wahyuning Tyastutik

Tyastutik, Retno Wahyuning (2010) Implementasi pembelajaran kooperatif metode problem solving untuk meningkatkan hasil belajar (Studi pada siswa penjualan kelas X SMK Muhammadiyah pada mata diklat kewirausahaan tahun ajaran 2009/2010) / Retno Wahyuning Tyastutik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran kooperatif metode problem solving hasil belajar Guru memiliki peranan yang besar dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik di sekolah. Berangkat dari fakta yang diperoleh peneliti selama observasi di SMK Muhammadiyah 2 Malang khususnya pada mata diklat kewirausahaan siswa kelas X masih disampaikan dengan metode ceramah. Dari sini peneliti mencoba menggunakan metode problem solving untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa akan meningkat dengan dikembangkannya metode ini dalam proses pembelajaran khususnya pada mata diklat kewirausahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa akan meningkat setelah diterapkan metode problem solving. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu (1) perencanaan (2) tindakan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Penjualan SMK Muhammadiyah 2 Malang pada semester genap tahun ajaran 2009/ 2010 yang berjumlah 28 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi tes pedoman wawancara catatan lapangan lembar penilaian ranah psikomotorik lembar penilaian ranah afektif dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh adanya hasil belajar siswa dimana rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 79 82 dan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa adalah 77 5. Ketuntasan klasikal ranah Psikomotorik mengalami peningkatan. Pada siklus I sebesar 42 85% dan siklus II 89 28%. Pada aspek afektif dapat dilaksanakan dengan baik. Pada siklus I dan siklus II dengan ketuntasan 100% Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan metode problem solving dalam proses kegiatan belajar mengajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Penjualan SMK Muhammadiyah 2 Malang. Keberhasilan penelitian meningkat seiring dengan diterapkannya probelm solving sebagai alternatif pembelajaran dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa. Tetapi masih ada beberapa yang perlu dibenahi lagi yaitu alokasi waktu yang harus diperhatikan dalam setiap tahapan dalam problem solving dan adanya tindak lanjut dari peneliti berikutnya diharapkan usahanya untuk mengembangkan metode problem solving dalam mata diklat yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27685

Actions (login required)

View Item View Item