Penerapan model pembelajaran mind mapping sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata diklat kewirausahaan di SMK Negeri 1 Turen / Fadalur Rahman - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran mind mapping sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata diklat kewirausahaan di SMK Negeri 1 Turen / Fadalur Rahman

Rahman, Fadalur (2010) Penerapan model pembelajaran mind mapping sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata diklat kewirausahaan di SMK Negeri 1 Turen / Fadalur Rahman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Mind mapping Hasil belajar siswa. Permasalahan pembelajaran yang dihadapi baik oleh guru maupun siswa adalah hasil belajar yang kurang memuaskan dikarenakan siswa kesulitan mengkonstruk ide-idenya sendiri dalam mengingat materi yang diberikan oleh guru sehingga berdampak pada kurang optimalnya hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa kelas X PJ 1 tahun ajaran 2009/2010 adalah 72 69. Untuk mengatasi masalah tersebut maka perlu diterapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran mind mapping pada Mata Diklat Kewirausahaan di kelas X SMK Negeri 1 Turen (2) Mengetahui hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran mind mapping pada Mata Diklat Kewirausahaan di kelas X SMK Negeri 1 Turen (3) Mengetahui dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran mind mapping pada Mata Diklat Kewirausahaan di kelas X SMK Negeri 1 Turen (4) Mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat penerapan model pembelajaran mind mapping pada Mata Diklat Kewirausahaan di kelas X SMK Negeri 1 Turen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas dan hasil belajar. Mata diklat yang digunakan pada penelitian ini adalah Kewirausahaan untuk kelas X PJ 1 semester genap tahun pelajaran 2009/2010 yaitu terfokus pada materi Prinsip dasar risiko dan Manajemen risiko . Penerapan model pembelajaran mind mapping (peta pikiran) dilaksanakan dalam tiga tahap sesuai dengan rencana pembelajaran yang disusun yakni tahap penyajian materi tahap belajar kelompok dan tahap mind mapping serta tahap akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X PJ 1 di SMK Negeri 1 Turen pada mata diklat Kewirausahaan. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar secara keseluruhan (klasikal) pada siklus 1 sebesar 45 16% dan pada siklus 2 menjadi sebesar 87 10%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan pada guru-guru Kewirausahaan yang lain khususnya guru Kewirausahaan di SMK Negeri 1 Turen agar mencoba menerapkan model pembelajaran mind mapping sebagai variasi dalam proses pembelajaran di kelas. Selain itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai penerapan model pembelajaran mind mapping dalam pembelajaran mata pelajaran lainnya agar diperoleh hasil penelitian yang representatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27684

Actions (login required)

View Item View Item