Penerapan kolaborasi pembelajaran kooperatif model think pair share (TPS) dengan problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan (studi pada siswa kelas XI Jurusan Penjualan SMK Wisnuwardhana Malang) / Irma Setyoningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan kolaborasi pembelajaran kooperatif model think pair share (TPS) dengan problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan (studi pada siswa kelas XI Jurusan Penjualan SMK Wisnuwardhana Malang) / Irma Setyoningsih

Setyoningsih, Irma (2010) Penerapan kolaborasi pembelajaran kooperatif model think pair share (TPS) dengan problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan (studi pada siswa kelas XI Jurusan Penjualan SMK Wisnuwardhana Malang) / Irma Setyoningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Problem Based Learning (PBL) dan hasil belajar. Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembangunan. Pembangunan dalam dunia pendidikan bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berbagai usaha telah dilakukan untuk meningkatkan mutu dari pendidikan. Mutu pendidikan akan tercapai jika proses belajar efisien dan efektif. Agar proses belajar dilakukan secara efisien dan efektif perlu diperhatikan adanya kemampuan belajar siswa penentuan metode mengajar yang digunakan guru serta. Peningkatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru salah satunya dengan penerapan model pembelajaran yang berfungsi sebagai sarana komunikasi antara guru dengan siswanya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan Penerapan Kolaborasi Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share (TPS) Dengan Pengajaran Berbasis Masalah (PBL) (Studi Pada Siswa Kelas XI Jurusan Penjualan SMK Wisnuwardhana Malang). (2) Untuk mengetahui hasil belajar mata diklat kewirausahaan siswa kelas XI jurusan penjualan SMK Wisnuwardhana Malang melalui penerapan kolaborasi pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) dengan Problem Based Learning (PBL) . Berdasarkan permasalahan dan tujuan penelitian maka penelitian ini bersifat deskriptif dan menggunakan analisis pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari siklus I dan siklus II . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Penjualan SMK Wisnuwardhana Malang. Penilaian penelitian ini terdiri dari aspek kognitif dan afektif. Berdasarkan hasil analisis ketuntasan belajar siswa ditinjau dari aspek kognitif pada siklus I dapat diketahui bahwa jumlah siswa yang tuntas belajar pada siklus I 17 siswa atau 42 5 % dan jumlah siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 23 siswa atau 57 5%. Sedangkan pada siklus II dapat diketahui bahwa jumlah siswa yang tuntas belajar 19 siswa atau 47 5 % dan jumlah siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 21 siswa atau 52 5%. Dari hasil belajar siswa pada siklus II dapat disimpulkan bahwa kolaborasi pembelajaran kooperatif model Think Pair Share dengan Problem Based Learning belum dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu (1) Bagi Guru disarankan untuk mencoba menerapkan kolaborasi pembelajaran kooperatif model Think Pair Share dengan Problem Based Learning dikarenakan siswa memberikan respon positif terhadap penerapan kolaborasi pembelajaran kooperatif model Think Pair Share dengan Problem Based Learning. (2) Bagi Kepala Sekolah hendaknya lebih memperhatikan kebutuhan siswa akan buku-buku pelajaran (3) Bagi siswa lebih meningkatkan kreatifitas untuk berfikir lebih maju berani mengungkapkan pendapat dan bisa lebih serius dalam mengikuti pembelajaran. (4) Bagi Peneliti selanjutnya apabila menerapkan pembelajaran kolaborasi TPS dengan PBL lebih menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya karena model kolaborasi pembelajaran TPS dengan PBL ini membutuhkan waktu yang lama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27681

Actions (login required)

View Item View Item