Video pembelajaran berbasis youtube pada iringan reog bulkiyo di kelas vii b smp negeri 9 blitar / Aska Urdha Wiratara - Repositori Universitas Negeri Malang

Video pembelajaran berbasis youtube pada iringan reog bulkiyo di kelas vii b smp negeri 9 blitar / Aska Urdha Wiratara

Wiratara, Aska Urdha Wiratara (2023) Video pembelajaran berbasis youtube pada iringan reog bulkiyo di kelas vii b smp negeri 9 blitar / Aska Urdha Wiratara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Reog Bulkiyo merupakan kesenian khas desa Kemloko Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Saat ini kesenian Reog Bulkiyo kurang diminati oleh masyarakat. Kesenian ini hanya memiliki satu video di YouTube sehingga mendorong peneliti untuk membuat video terkait dengan kesenian Reog Bulkiyo. Salah satu upaya untuk menarik minat masyarakat dan melestarikan kesenian ini adalah dengan membuat reog bulkiyo sebagai materi dalam pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengangkat kesenian Reog Bulkiyo sebagai materi pembelajaran seni budaya di kelas VII SMP Negeri 9 Blitar dan mengangkat pengembangan media pembelajaran berbasis YouTube karena YouTube merupakan media sosial yang digemari oleh berbagai kalangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa R amp D. Hasil yang diperoleh dari validasi ahli (1) ahli materi I sebesar 80% (2) ahli materi II sebesar 88% (3) ahli desain sebesar 80%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah video pembelajaran berbasis YouTube dapat digunakan sebagai media pembelajaran baru yang menarik menyenangkan dan mempermudah peserta didik kelas VII dalam memainkan alat musik Reog Bulkiyo secara berkelompok dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/276791

Actions (login required)

View Item View Item