Implementasi pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Divisions) dengan media artikel untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata diklat pelayanan prima (studi pada siswa kelas X Pemasaran di SMK Islam Batu) / Denmas Aris Wanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Divisions) dengan media artikel untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata diklat pelayanan prima (studi pada siswa kelas X Pemasaran di SMK Islam Batu) / Denmas Aris Wanto

Wanto, Denmas Aris (2010) Implementasi pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Divisions) dengan media artikel untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata diklat pelayanan prima (studi pada siswa kelas X Pemasaran di SMK Islam Batu) / Denmas Aris Wanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Kooperatif STAD Artikel Prestasi Belajar. Pembelajaran kooperatif model STAD dengan media artikel dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa menjadikan siswa lebih aktif dalam berkomunikasi dan pembelajaran kooperatif model STAD merupakan variasi dalam pembelajaran agar pembelajaran tidak monoton dengan hanya menggunakan metode ceramah sehingga siswa tidak merasa bosan. Penelitian dilakukan untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar sebelum dan setelah di terapkannya model pembelajaran STAD pada pokok bahasan berkomunikasi di tempat kerja. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbandingan proses belajar mengajar sebelum dan setelah diimplementasikan pembelajaran kooperatif model STAD dengan media artikel (2) Untuk mengetahui prestasi siswa kelas X sebelum dan setelah diimplementasikan model pembelajaran STAD dengan media artikel (3) Untuk mengetahui respon siswa setelah diimplementasikan model pembelajaran STAD dengan media artikel. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap-tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah kelas X PMS SMK Islam Batu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes panduan observasi format penilaian wawancara dan angket untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran STAD. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) pembelajaran kooperatif model STAD dengan media artikel sangat bermanfaat bagi siswa karena model tersebut dapat meningkatkan prestasi belajar siswa belajar siswa walaupun tidak terlalu signifikan. (2) setelah diterapkan pembelajaran kooperatif model STAD mengalami peningkatan. Pada siklus 1 nilai post test siswa meningkat dibanding nilai pre test mereka namun kelas belum memenuhi syarat ketuntasan belajar karena yang tuntas belajar masih dibawah batas minimum presentase ketuntasan belajar kelas. Pada tindakan siklus 2 nilai post test siswa meningkat dibandingkan nilai pre test mereka. Diketahui bahwa dalam tindakan siklus 2 ini kelas masih belum memenuhi taraf ketuntasan belajar dimana persentase siswa yang tuntas belajar lebih kecil daripada siswa yang belum tuntas belajarnya. (3) Respon siswa belajar Pelayanan prima menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media artikel dirasakan menyenangkan dan cepat memahami materi pelajaran pelayanan prima dan perasaan biasa saja ketika mengerjakan tes individual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27678

Actions (login required)

View Item View Item