Penerapan metode pembelajaran Make A-Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X program keahlian pemasaran pada mata pelajaran menemukan peluang baru dari pelanggan di SMK Islam Batu / Aprilia Rukmana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran Make A-Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X program keahlian pemasaran pada mata pelajaran menemukan peluang baru dari pelanggan di SMK Islam Batu / Aprilia Rukmana

Rukmana, Aprilia (2010) Penerapan metode pembelajaran Make A-Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X program keahlian pemasaran pada mata pelajaran menemukan peluang baru dari pelanggan di SMK Islam Batu / Aprilia Rukmana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Make A-Match hasil belajar Kondisi empiris yang terjadi dilapangan saat ini tidak sesuai dengan ketetapan yang sudah berlaku walaupun KTSP sudah diberlakukan tetapi proses pembelajaran masih konvensional yakni terpusat pada guru (teacher oriented). Untuk mencapai keberhasilan pembelajaran yang diharapkan usaha yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan memperhatikan siswa menguasai materi pelajaran dan memilih metode pembelajaran yang tepat. Salah satu model cooperative learning adalah Make A-Match (mencari pasangan) dimana model pembelajaran ini melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa harus ada perbedaan status. Make A-Match (mencari pasangan) sebagai model pembelajaran baru belum banyak diketahui bahkan diterapkan di sekolah-sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Make A-Match mengetahui hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Pemasaran pada mata pelajaran Menemukan Peluang Baru dari Pelanggan di SMK Islam Batu dan untuk mengetahui hambatan-hambatan selama diterapkannya metode Make A-Match serta solusi untuk mengatasi hambatan-hambatan selama diterapkannya metode Make A-Match. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan melalui observasi wawancara dokumentasi dan tes. Penerapan pembelajaran Make A-Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Pemasaran maka dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata pre test siklus I yaitu 74 4 nilai rata-rata post test siklus I yaitu 81 2. Sedangkan nilai rata-rata pada post test siklus II yaitu 89 2. Dari hasil analisis data dapat di simpulkan bahwa penerapan metode Make A-Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Pemasaran di SMK Islam Batu. Salah satu hambatannya adalah siswa belum terbiasa dengan belajar kelompok dikarenakan dalam kegiatan belajar mengajar sebelumnya siswa terbiasa belajar secara individu. Siswa belum berani mengemukakan pandapat atau gagasan. Saran-saran yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini yaitu untuk siswa agar lebih berani mengungkapkan gagasan atau pendapatnya secara baik dalam setiap kegiatan belajar mengajar dengan cara sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung guru memberikan dorongan dan motivasi kepada siswa agar berani mengemukakan pendapatnya secara lisan. Disarankan untuk memberikan motivasi kepada semua guru mata pelajaran agar senantiasa mencoba menerapkan model-model pembelajaran inovatif seperti Make A-Match dalam proses belajar mengajarnya sebagai model pembelajaran baru yang sesuai untuk menciptakan suasana yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27677

Actions (login required)

View Item View Item