Strategi pembelajaran karawitan pada ekstrakurikuler di SMKN 2 Boyolangu Tulungagung / Anggiya Anggun Permata Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pembelajaran karawitan pada ekstrakurikuler di SMKN 2 Boyolangu Tulungagung / Anggiya Anggun Permata Sari

Sari, Anggiya Anggun Permata (2022) Strategi pembelajaran karawitan pada ekstrakurikuler di SMKN 2 Boyolangu Tulungagung / Anggiya Anggun Permata Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran ekstrakurikuler seni yang membantu pengembangan potensi seni siswa khususnya seni musik tradisi adalah seni karawitan. Salah satu sekolah yang memiliki kegiatan ekstrakurikuler karawitan yaitu SMKN 2 Boyolangu. SMKN 2 Boyolangu adalah salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berkembang maju dan populer di daerah Tulungagung. Sebuah lembaga pendidikan yang menawarkan siswa kesempatan untuk belajar karawitan dalam kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler ini dirancang untuk mengembangkan keterampilan dengan harapan supaya siswa mendapatkan prestasi yang positif kemandirian disiplin dan kreativitas. Hal ini menjadi pertanyaan peneliti tentang strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru karawitan di SMKN 2 Boyolangu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran yang digunakan guru pada pembelajaran ekstrakurikuler karawitan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian diperoleh dengan cara observasi wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi kegiatan awal pembelajaran yaitu penjelasan tujuan pembelajaran dan kegiatan rutin pembelajaran meliputi tahapan pembelajaran yang menggunakan metode ceramah demonstrasi drill dan materi pembelajaran dari dasar hingga tingkat lebih tinggi. Maka dapat disimpulkan strategi pembelajaran yang digunakan guru karawitan adalah strategi pembelajaran langsung (Direct Intruction).Pembelajaran langsung berpusat pada guru dan harus menjamin keterlibatan siswa. Strategi pembelajaran ini sangat efektif untuk membangun keterampilan tahap demi tahap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/276769

Actions (login required)

View Item View Item