Media pembelajaran motion graphics tari emprak untuk siswa kelas viii smpn 1 sutojayan / Getar Pramustya Gusti - Repositori Universitas Negeri Malang

Media pembelajaran motion graphics tari emprak untuk siswa kelas viii smpn 1 sutojayan / Getar Pramustya Gusti

Gusti, Getar Pramustya Gusti (2023) Media pembelajaran motion graphics tari emprak untuk siswa kelas viii smpn 1 sutojayan / Getar Pramustya Gusti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses pembelajaran seni budaya di SMPN 1 Sutojayan memiliki keterbatasan padamedia pembelajaran yang digunakan khususnya media pembelajaran tentang Tari Emprakyang merupakan tari khas dari kabupaten Blitar. Motion graphics adalah grafis yangmenggunakan video dan atau animasi untuk menciptakan ilusi dari gerak atau transformasi.Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran berupa motion graphics denganmateri tari Emprak yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa. Penelitian ini menggunakanmetode Research and Development (R amp D) yang telah dimodifikasi menjadi 5 langkah yaitu 1)pengumpulan informasi 2) perencanaan 3) pengembangan produk 4) uji coba dan revisiproduk 5) diseminasi dan implementasi. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalahmenghasilkan sebuah produk media pembelajaran motion graphics yang dapat dijadikansebagai sumber belajar. Hasil validasi terdiri dari ahli materi 97.5% (sangat layak) ahli media98.6 (sangat layak) praktisi pendidikan seni budaya 95.8% (sangat layak). Nilai keefektifandiperoleh dari hasil uji coba kelompok kecil 93.5% dan uji coba kelompok besar 95.2% dengankriteria sangat efektif. Hasil pretest dan posttest menunjukan bahwa media pembelajaranmotion graphics dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga sangat layak dan sangatefektif sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dan siswa secara mandiriuntuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/276764

Actions (login required)

View Item View Item