Implementasi metode pemebelajaran problem solving pada mata diklat K3LH (Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan hidup) untuk meningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI jurusan penjualan SMK PGRI 1 Tulungagung / Niken Dewi Hastika - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi metode pemebelajaran problem solving pada mata diklat K3LH (Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan hidup) untuk meningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI jurusan penjualan SMK PGRI 1 Tulungagung / Niken Dewi Hastika

Hastika, Niken Dewi (2010) Implementasi metode pemebelajaran problem solving pada mata diklat K3LH (Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan hidup) untuk meningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI jurusan penjualan SMK PGRI 1 Tulungagung / Niken Dewi Hastika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Problem Solving Motivasi Prestasi Belajar. Slameto (2003 34) faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar banyak jenisnya tapi digolongkan menjadi dua golongan yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar siswa. Faktor eksternal meliputi (1) Faktor lingkungan keluarga yakni cara orang tua mendidik hubungan antar anggota keluarga suasana rumah keadaan ekonomi keluarga perhatian orang tua dan bimbingan privat (2) Faktor lingkungan sekolah yakni metode mengajar hubungan guru dengan siswa hubungan siswa dengan siswa disiplin sekolah media pembelajaran dan tugas rumah (3) Faktor lingkunan masyarakat yakni media massa teman bergaul dan bentuk kehidupan masyarakat. Berdasarkan permasalahan dan tujuan penelitian maka penelitian ini bersifat deskriptif dan menggunakan analisis pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Alat pengumpulan data menggunakan soal tes lembar observasi catatan lapangan dokumentasi dan pedoman wawancara. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Pemasaran SMK PGRI 1 Tulungagung tahun ajaran 2009/2010. Data tentang keaktifan belajar siswa dapat diketahui melalui setiap indikator elemen kooperatif mengalami peningkatan keaktifan. Sedangkan Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan. Kesimpulan yang dapat diperoleh adalah penerapan Pembelajaran Kooperatif Problem Solving dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu (1) Guru mata pelajaran K3LH (Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup) SMK PGRI 1 Tulungagung disarankan untuk mencoba menerapkan pembelajaran kooperatif model Problem Solving. (2) Guru mata pelajaran K3LH (Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup) diharapkan dalam menerapkan Problem Solving mengatur waktu mempersiapkan rencana kegiatan dan media yang tepat sehingga kegiatan pembelajaran yang dilakukan dapat berlangsung secara optimal dan efesien. (3) Guru mata pelajaran K3LH (Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup) diharapkan dalam menerapkan Problem Solving menyiapkan studi kasus secara tepat. (4) Bagi peneliti selanjutnya yang ingin mengembangkan penelitian ini disarankan untuk menerapkan model pembelajaran Problem Solving pada mata pelajaran yang berbeda

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27674

Actions (login required)

View Item View Item