Penerapan pembelajaran koopewratif dengan menggabungkan model cooperative integrated reading and composition (CIRC) dan group investigation (GI) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan (Studi kasus siswa kelas X jurusan pemasar - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran koopewratif dengan menggabungkan model cooperative integrated reading and composition (CIRC) dan group investigation (GI) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan (Studi kasus siswa kelas X jurusan pemasar

Humaidi, Husin (2010) Penerapan pembelajaran koopewratif dengan menggabungkan model cooperative integrated reading and composition (CIRC) dan group investigation (GI) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan (Studi kasus siswa kelas X jurusan pemasar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Kooperatif Motivasi Hasil belajar Kewirausahaan Seiring dengan perubahan zaman yang dibarengi dengan arus moderenisasi pendidikan menjadi investasi penting dalam menghadapi dan memenangkan persaingan. Kemajuan perkembangan dunia pendidikan ditandai dengan kualitas lulusan yang meningkat dan siap untuk menghadapi persaingan dalam dunia kerja. Kemajuan pendidikan ini harus diikuti dengan inovasi dalam penerapan pembelajaran yang di pakai oleh guru terutama dalam metode yang diimplementasikan dalam pembelajaran. Pemilihan metode pembelajaran harus bervariasi sehingga dapat menciptakan susasana kondusif dalam pembelajaran Metode pembelajaran yang inovatif dan bervariasai ini akan memberikan pengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa terutama untuk mata pelajaran yang bersifat hafalan seperti mata diklat kewirausahan. Berdasarkan hasil observasi metode pembelajaran yang diterapkan di SMK PGRI 6 Malang selama ini adalah metode konvensional melalui ceramah dan tanya jawab. Dengan metode itu menyebabkan siswa menjadi pasif dan kurang mandiri dalam belajar. Oleh karena itu perlu adanya sebuah pembaharuan pembelajaran untuk mengubah paradigma tersebut yaitu dengan penerapan pembelajaran kooperatif sehingga suasana belajar lebih kondusif dan tidak monoton. Pembelajaran kooperatif mengarahkan siswa untuk belajar hidup bermasyarakat. Karena dalam pembelajaran kooperatif secara tidak langsung siswa dihadapkan pada kondisi-kondisi yang menggambarkan kehidupan di masyarakat diantaranya melalui diskusi kelompok diskusi kelas atau pun kondisi dimana siswa belajar berinteraksi dengan orang lain mengemukakan pendapat menerima perbedaan pendapat peduli terhadap sesama bekerja sama menganalisis dan menyelesaikan masalah serta berkompetisi untuk menjadi yang terbaik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tidakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Pemasaran di SMK PGRI 6 Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan) interview (wawancara) dokumentasi tes catatan lapangan dan angket motivasi siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu Data Reduction (Reduksi Data) Data Display (Penyajian Data) dan Conclusion Drawing (Penarikan Kesimpulan) Hasil penelitian ini telah terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dari siklus ke siklus. Pada siklus I skor tertinggi yang diperoleh adalah 85 dan skor maksimalnya 96 dengan persentase nilai rata-rata 88 54% dan termasuk dalam kategori sangat baik dan mendapatkan poin A. Sedangkan skor terendah adalah 64 dengan skor maksimal 96. Persentase nilai rata-rata yaitu 66.66% dan termasuk dalam kategori baik dan mendapatkan poin B. Pada siklus II skor tertinggi yang diperoleh adalah 85 dan skor maksimalnya 96 dengan persentase nilai rata-rata 87.5%. dan termasuk dalam kategori sangat baik dan mendapatkan poin A. Sedangkan skor terendah adalah 71 dengan skor maksimal 96. Persentase nilai rata-rata yaitu 73.95% dan termasuk dalam kategori baik dan mendapatkan poin B. Walaupun peningkatannya kurang signifikan dan terdapat beberapa siswa yang justru mengalami penurunan akan tetapi secara keseluruhan pembelajaran ini mampu meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa. Selain itu penilitian ini menunjukkan peningkatan terhadap hasil belajar siswa yang terlihat dari perbandingan hasil ulangan harian I yang dilaksanakan pada saat pra tindakan dengan hasil pos-test yang diberikan pada saat akhir penerapan. Jumlah siswa yang tuntas belajar pada saat ulangan harian I sebanyak 7 siswa (20 58%) sedangkan yang belum tuntas sebanyak 24 siswa (70 58%). Hasil post-test siklus I menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa (37 5%) dan yang belum tuntas sebanyak 20 siswa (62 5%). Untuk hasil post-test siklus II juga menunjukkan peningkatan hasil belajar jika dibandingkan dengan siklus I yaitu dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa (64 28%) dan yang belum tuntas sebanyak 10 siswa (35 71%). Walaupun pada post-test siklus II masih terdapat siswa yang belum tuntas ini adalah hal yang wajar karena cukup sulit untuk mencapai taraf keberhasilan 100% siswa tuntas semua. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi SMK PGRI 6 Malang perlu menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap untuk mendukung efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan Group Investigation (GI) yaitu berupa pengadaan literatur guna mempermudah siswa dalam memperoleh informasi dan memperlancar proses belajar (2) Bagi guru SMK PGRI 6 Malang khususnya guru mata diklat kewirausahaan pembelajaran kooperatif model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan Group Investigation (GI) dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan dalam praktik pembelajaran di kelas karena tidak semua materi pelajaran cocok dengan model pembelajaran ini (3) Bagi siswa khususnya siswa kelas X Jurusan Pemasaran SMK PGRI 6 Malang pada saat pembelajaran kooperatif model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan Group Investigation (GI) perlu meningkatkan keberanian dalam mengajukan pertanyaan maupun berargumentasi guna lebih memahami terhadap materi yang dipelajari (4) Bagi peneliti berikutnya disarankan untuk melakukan penelitian tentang pembelajaran kooperatif model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan Group Investigation (GI) pada pengajaran mata diklat yang sama atau mata diklat lainnya di tempat yang berbeda untuk mengembangkan model pembelajaran yang inovatif dan kreatif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27673

Actions (login required)

View Item View Item