Penerapan pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas XI pemasaran pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Islam Batu / Arizki Wahyudiyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas XI pemasaran pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Islam Batu / Arizki Wahyudiyono

Wahyudiyono, Arizki (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas XI pemasaran pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Islam Batu / Arizki Wahyudiyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci TGT (Teams Games Tournament) Keaktifan Prestasi Belajar. Pendidikan merupakan komponen terpenting dalam pembangunan bangsa dan negara kegiatan pendidikan berupa proses belajar mengajar/proses pembelajaran merupakan hal yang sangat penting sebab keberhasilan sebuah pendidikan sangat dipengaruhi dan ditentukan oleh pelaksanaan pembelajaran. Keberhasilan program pendidikan melalui proses belajar mengajar di sekolah sebagai lembaga pendidikan formal sangat di pengaruhi oleh beberapa faktor yaitu siswa kurikulum tenaga kependidikan biaya sarana dan prasarana serta faktor lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament pada siswa kelas XI Pemasaran di SMK Isam Batu.(2) Mengetahui keaktifan belajar siswa melalui penerapan Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament pada siswa kelas XI Pemasaran di SMK Islam Batu.(3) Untuk mengetahui prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas XI Pemasaran SMK Islam Batu melalui penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament. Berdasarkan permasalahan dan tujuan penelitian maka penelitian ini bersifat deskriptif dan menggunakan analisis pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Alat pengumpulan data menggunakan soal tes lembar observasi catatan lapangan dokumentasi dan pedoman wawancara. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Pemasaran SMK Islam Batu tahun ajaran 2009/2010. Data tentang keaktifan belajar siswa dapat diketahui melalui setiap indikator elemen kooperatif mengalami peningkatan keaktifan. Sedangkan Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan. Kesimpulan yang dapat diperoleh adalah penerapan Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu (1) Guru mata pelajaran kewirausahaan diharapkan dalam menerapkan TGT (Teams Games Tournament) mengatur waktu mempersiapkan rencana kegiatan dan media yang tepat sehingga kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara optimal dan efesien. (2) Guru mata pelajaran kewirausahaan diharapkan dalam menerapkan TGT (Teams Games Tournament) menyiapkan soal-soal turnamen secara matang. (3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk menggunakan soal-soal turnamen sebagai soal pre test dan post test 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27672

Actions (login required)

View Item View Item