Penerapan pembelajaran kooperatif model make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat pelayanan prima (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Pemasaran SMK PGRI 6 Malang) / Anis Widya Harnita - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat pelayanan prima (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Pemasaran SMK PGRI 6 Malang) / Anis Widya Harnita

Harnita, Anis Widya (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat pelayanan prima (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Pemasaran SMK PGRI 6 Malang) / Anis Widya Harnita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Harnita Anis Widya. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Pelayanan Prima (Studi pada Siswa Kelas X Program Keahlian Pemasaran SMK PGRI 6 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ery Tri Jatmika MA MSi (II) Dr. Suwarni M.Si Kata Kunci Model Make a Match Hasil Belajar Mutu pendidikan di Indonesia masih rendah perlu adanya perubahan dengan memperbaiki masalah yang terjadi saat ini karena pendidikan merupakan peranan yang sangat penting. Masalah yang tidak bisa diubah yaitu guru kurang memperhatikan ketercapaian kompetensi siswa. Hal ini tampak pada cara guru mengajar dikelas masih menggunakan cara lama. Hal ini akan mengakibatkan hasil belajar siswa kurang memenuhi kriteria. Peneliti menerapkan model make a match karena memiliki potensi lebih dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis pendekatan yang digunakan merupakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini digunakan untuk mendeskripsikan peristiwa di lapangan Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa penerapan model make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada aspek kognitif siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan peningkatan. Rata-rata yang diperoleh dari nilai pre test dan post test siklus I meningkat sebesar 7 53. Sedangkan nilai ratarata pre test dan post test siklus II meningkat sebesar 7 64. Ketuntasan klasikal pre test siklus I sebesar 14 71% meningkat pada post test sebesar 70 59%. Sedangkan nilai pre test siklus II sebesar 32 36% meningkat pada post test sebesar 85 30%. Untuk ketuntasan klasikal pada ranah afektif juga mengalami peningkatan pada setiap siklus. Untuk pra tindakan ketuntasan klasikal hasil belajar ranah afektif siswa sebesar 26 47% siklus I sebesar 70 59% dan siklus II 94 12%. Hasil belajar aspek psikomotorik menunjukkan peningkatan dari siklus 1 dan 2 yaitu pada siklus I obsever 1 menilai bahwa pada pertemuan 1 dan 2 mengalami peningkatan sebesar 23 53%. Obsever 2 menilai pada pertemuan 1 dan 2 mengalami peningkatan sebesar 20 59%. Sedangkan pada siklus II Obsever 1 menilai bahwa pada pertemuan 1 dan 2 mengalami peningkatan sebesar 11 76%. Obsever 2 menilai pada pertemuan 1 dan 2 juga mengalami peningkatan sebesar 8 83% Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penerapan model make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun saran yang dapat diajukan yaitu (1) kepala sekolah harus menyediakan sarana dan prasarana yang lebih lengkap (2) hendaknya guru harus memperhatikan metode yang akan digunakan pada saat pelaksanaan pembelajaran dikelas (3) siswa harus meningkatkan hasil belajar dengan cara merubah kebiasaan buruk yang lama (4) dalam menerapkan model make a match diharapkan bagi peneliti selanjutnya terlebih dahulu menyesuaikan dengan kondisi siswa dan materi yang akan digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27669

Actions (login required)

View Item View Item