Penerapan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Fivi Handayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Fivi Handayani

Handayani, Fivi (2010) Penerapan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Fivi Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Handayani Fivi. 2009. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Kewirausahaan di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto M. Ed. M. Si (II) Rachmad Hidayat S. Pd. Kata kunci Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Aktivitas Hasil Belajar. Salah satu upaya yang harus dilakukan pemerintah untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia hingga saat ini adalah melalui perbaikan kurikulum. Dengan perbaikan kurikulum diharapkan kualitas proses pembelajaran akan meningkat yang diikuti dengan peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk pertama adalah mengetahui pelaksanaan pembelajaran kooperatif model jigsaw pada mata diklat kewirausahaan. Kedua aktivitas belajar siswa pada saat penerapan kooperatif model jigsaw. Ketiga hasil belajar siswa setelah diadakan pembelajaran kooperatif model jigsaw pada mata diklat kewirausahaan. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI AK SMK Muhammadiyah 2 Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes panduan observasi format penilaian dan angket untuk siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dimana dalam tiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Dalam tindakan silkus I proses adaptasi dan sosialisasi siswa sudah baik meskipun ada beberapa siswa yang masih enggan untuk mengemukakan pendapatnya. Pada siklus II sudah baik dibandingkan pada siklus I. Hasil belajar dilihat dari aspek kognitif yaitu dengan menganalisis hasil pre test dan post test siswa pada setiap siklus. Sedangkan aspek afektif dan psikomotor dianalisis dengan menghitung persentase frekuensi setiap indikator yang muncul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pembelajaran kooperatif model jigsaw sangat bermanfaat bagi siswa karena model ini telah terbukti dapat meningkatkan aktivitas siswa sehingga bagi guru mata diklat kewirausahaan dan guru mata diklat lainnya dapat menggunakan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw ini pada pokok bahasan lain yang memenuhi karakteristik yang sama. 2) hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran kooperatif model jigsaw mengalami peningkatan. Hal tersebut diketahui pada tindakan siklus I nilai post test siswa meningkat sebesar 71% dibandingkan nilai pre test mereka sebesar 69% namun kelas belum memenuhi syarat ketuntasan belajar karena yang tuntas belajar masih dibawah batas minimum persentase ketuntasan belajar kelas. Pada tindakan siklus II nilai post test siswa meningkat sebesar 80 1% dibandingkan nilai pre test mereka sebesar 73 66%. Diketahui bahwa dalam tindakan siklus II ini kelas telah memenuhi taraf ketuntasan belajar yang terlihat dari persentase siswa yang tuntas belajar diatas minimun persentase ketuntasan belajar kelas. ii Dari penelitian pembelajaran kooperatif model jigsaw saran yang dapat dikemukakan diantaranya 1) Bagi guru perlu memodifikasi dan menyiapkan secara matang bahan-bahan ajar yang akan digunakan untuk mengajar dan menentukan langkah-langkah yang sistematis menurut prinsip pembelajaran kooperatif khususnya model jigsaw. 2) Bagi siswa hendaknya lebih meningkatkan kreatifitas mereka untuk berfikir lebih maju dan berani mengungkapkan pendapat. Selain itu diharapkan dapat saling menghargai orang lain. 3) Bagi peneliti penulis mengharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan bagi peneliti-peneliti selanjutnya dalam penulisan karya ilmiah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27668

Actions (login required)

View Item View Item