Penerapan kolaborasi model numbered heads together (NHT) dengan two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XII Jurusan Listrik II SMK Negeri 2 Probolinggo / Nabila Titis Hermindina - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan kolaborasi model numbered heads together (NHT) dengan two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XII Jurusan Listrik II SMK Negeri 2 Probolinggo / Nabila Titis Hermindina

Hermindina, Nabila Titis (2010) Penerapan kolaborasi model numbered heads together (NHT) dengan two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XII Jurusan Listrik II SMK Negeri 2 Probolinggo / Nabila Titis Hermindina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hermindina Nabila Titis. 2010. Penerapan Kolaborasi Model Numbered Heads Together (NHT) Dengan Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas XII Jurusan Listrik II SMK Negeri 2 Probolinggo. Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suwarni M.Si (II) Madziatul Churiyah S.Pd M.M. Kata Kunci Model Numbered Heads Together (NHT) Model Two Stay Two Stray (TSTS) Aktivitas Belajar Hasil Belajar Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru selalu monoton. Dalam setiap pembelajaran guru selalu menggunakan metode ceramah. Dengan metode ceramah ini guru selalu menguasi kelas sedangkan siswa hanya duduk diam mendengarkan penjelasan dari guru dan siswa tidak dituntut aktif. Padahal dalam proses pembelajaran yang sebenarnya guru diharapkan mampu mengembangkan suatu kondisi kelas yang kondusif dalam arti bahwa guru mampu mengajak dan memotivasi para siswa untuk turut berpartisipasi dalam tiap kegiatan pembelajaran dalam kelas. Dalam hal ini guru harus lebih kreatif lagi untuk menggunakan model-model pembelajaran dalam kelas. Salah satu pendekatan pembelajaran yang memperhatikan hal tersebut adalah pembelaran model Numbered Heads Together (NHT) Dan Two Stay Two Stray (TSTS). Dengan menerapkan model Numbered Heads Together (NHT) Dan Two Stay Two Stray (TSTS) siswa tidak hanya duduk diam. Siswa harus menjadi lebih aktif lagi sehingga mereka bisa menguasai materi dan mereka dituntut untuk bisa bekerja sama dengan teman sekelas. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Kewirausahaan dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) Dan Two Stay Two Stray (TSTS).. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus pembelajaran yang masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Penelitian ini dilakukan di kelas XII Jurusan Listrik II SMKN 2 Probolinggo pada bulan Desember 2009 sampai Januari 2010 dan data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu aktivitas siswa mengalami peningkatan dari pra tindakan siklus I dan siklus II. Pada pra tindakan siswa dibagi menjadi dua kelompok di mana persentase masing-masing kelompok termasuk kategori kurang yaitu 33 3% dan 27%. Sedangkan pada siklus I dan siklus II siswa dibagi menjadi 8 kelompok dan masing-masing kelompok mengalami peningkatan. Untuk kelompok 1 meningkat sebesar 58 3% kelompok 2 meningkat sebesar 33 4% kelompok 3 meningkat sebesar 45 8% kelompok 4 sebesar 33 3% kelompok 5 meningkat sebesar 48% kelompok 6 meningkat sebesar 52 1% kelompok 7 meningkat sebesar 35 5% dan kelompok 8 meningkat sebesar 46 7%. Selain itu iii hasil belajar siswa juga meningkat setelah penerapan pembelajaran kooperatif kolaborasi model Numbered Heads Together (NHT) dan Two Stay Two Stray (TSTS). Nilai rata-rata ranah kognitif pada pra tindakan 67 88 kemudian siklus I meningkat menjadi 79 1 dan siklus II meningkat menjadi 85 5. Ketuntasan klasikal ranah kognitif juga mengalami peningkatan. Pada pra tindakan sebesar 34 38% meningkat pada siklus I menjadi 71 9% dan siklus II menjadi 90 6%. Untuk ketuntasan klasikal pada ranah afektif juga mengalami peningkatan pada setiap siklus. Untuk pra tindakan ketuntasan klasikal hasil belajar ranah afektif siswa sebesar 40 63% siklus I sebesar 68 8% dan siklus II 93 8%. Adapun saran yang dapat diajukan yaitu 1) Bagi guru kewirausahaan diharapkan dapat menerapkan model Numbered Heads Together (NHT) dan Two Stay Two Stray (TSTS) ) di dalam proses pembelajaran karena dengan menggunkan model pembelajaran akan menuntut siswa menjadi lebih aktif 2) Bagi siswa diharapkan mempersiapkan diri dengan belajar telebih dahulu sebelum mengikuti pembelajaran sehingga pada saat diskusi kelas siswa mudah mengikuti pembelajaran dan siswa harus bisa bersosialisasi dengan teman dalam satu kelas 3) Bagi peneliti selanjutnya disarankan agar melakukan penelitian dengan menerapkan kolaborasi model Numbered Heads Together (NHT) dan Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran kewirausahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Apr 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27665

Actions (login required)

View Item View Item