Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa (Studi kasus pada mata diklat kewirausahaan kelas X akuntansi SMK Negeri 2 Kediri) / Yuyun Septiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa (Studi kasus pada mata diklat kewirausahaan kelas X akuntansi SMK Negeri 2 Kediri) / Yuyun Septiana

Septiana, Yuyun (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa (Studi kasus pada mata diklat kewirausahaan kelas X akuntansi SMK Negeri 2 Kediri) / Yuyun Septiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Septiana Yuyun. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa ( Studi Kasus Pada Mata Diklat Kewirausahaan Kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Kediri ). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universiras Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Agus Hermawan M.Si. M.Bus (II) Drs. I Nyoman Saputra M.Si. Kata kunci pembelajaran kooperatif model group investigation hasil belajar. Rendahnya mutu pendidikan di Indonesia dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya adalah karena metode pembelajaran yang digunakan oleh guru adalah metode konvesional berupa ceramah sehingga siswa tidak dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu solusi untuk mengatasi dominansi guru adalah dengan menggunakan model pembelajaran inovatif yang konsep dasar pembelajarannya terpusat pada keaktifan siswa selama proses pembelajaran. Salah satu model tersebut adalah Group Investigation. Diharapkan dengan menggunakan berbagai variasi mengajar dan salah satunya adalah menggunakan pembelajaran model Group Investigation ini hasil belajar siswa akan meningkat. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation dalam meningkatkan hasil belajar pada mata diklat kewirausahaan kelas X Akutansi di SMK Negeri 2 Kediri. 2) untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan metode pembelajaran model Group Investigation pada mata diklat kewirausahaan kelas X Akutansi di SMK Negeri 2 Kediri. 3) untuk mengetahui hasil belajar siswa terhadap mata diklat kewirausahaan setelah diterapkan pembelajaran Group Investigation pada mata diklat kewirausahaan kelas X Akutansi di SMK Negeri 2 Kediri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 Siklus dengan 4 tahap pada masing-masing siklusnya yakni meliputi perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan sekaligus pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian akuntansi di SMK Negeri 2 Kediri yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi catatan lapangan tes dokumentasi dan angket. Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa setelah melakukan proses belajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model Group Investigation meningkat terbukti pada aspek kognitif hasil perbandingan nilai pre test dan post test siklus I yang mengalami ketuntasan sebesar 37 5% yang belum tuntas 62 5% dan pada siklus II hasil persentase ketuntasan menjadi meningkat sebesar 75% dan yang belum tuntas menjadi 25%. Jika dilihat dari penilaian aspek afektif juga terjadi peningkatan yaitu pada siklus I sebanyak 19 siswa yang tuntas (47 5%) sedangkan yang belum tuntas sebanyak 21 siswa (52 5%). Dan pada Siklus II siswa yang tuntas meningkat menjadi 38 siswa (95%) sedangkan yang belum tuntas sebanyak 2 siswa (5%). Saran yang dapat peneliti berikan kepada guru mata diklat adalah sebaiknya guru mata diklat menggunakan pembelajaran yang bervariasi dalam kegiatan pembelajaran agar siswa agar siswa tidak bosan dalam belajar salah satu model pembelajaran yang digunakan adalah Group Investigation model pembelajaran ini telah dibuktikan dalam penelitian ini bisa meningkatkan hasil belajar siswa. Disamping itu guru mata diklat kewirausahaan SMK Negeri 2 Kediri disarankan untuk mencoba menerapkan pembelajaran model Group Investigation pada bahasan yang lain karena siswa memberikan respon yang positif terhadap pembelajaran model ini. Penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation bisa diterapkan lebih variatif misalnya dengan mengajak siswa ke lapangan atau dunia nyata sebagai tempat belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27662

Actions (login required)

View Item View Item