Visualisasi artistik kaligrafi arab sebagai ide penciptaan aksesoris interior batik tulis / Alfiatus Sholicha - Repositori Universitas Negeri Malang

Visualisasi artistik kaligrafi arab sebagai ide penciptaan aksesoris interior batik tulis / Alfiatus Sholicha

Sholicha, Alfiatus Sholicha (2023) Visualisasi artistik kaligrafi arab sebagai ide penciptaan aksesoris interior batik tulis / Alfiatus Sholicha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kaligrafi arab memiliki makna garis atau tulisan indah. Kaligrafi memiliki fungsi dekoratif yaitu sebagai penghias ruangan berupa pajangan dalam pigura dan ornamen-ornamen pada dinding. Masih jarang ditemui penerapan kaligrafi dalam bentuk aksesoris interior seperti kap lampu tirai dan jam dinding di setiap rumah. Dari permasalahan tersebut perlunya inovasi baru dengan mengaplikasikan kaligrafi arab pada sebuah aksesoris interior. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui konsep penciptaan mengetahui proses penciptaan dan menghasilkan karya batik tulis terapan berupa aksesoris interior dengan inspirasi motif utama visualisasi artistik kaligrafi arab. Di dalam perwujudan karya batik terapan ini diperlukan metode penciptaan seni yaitu metode Gustami yang terdiri dari tiga tahap meliputi eksplorasi dengan langkah identifikasi masalah dan perumusan masalah tahap ke dua perancangan dengan langkah pembuatan desain alternatif dan gambar teknik tahap ke tiga perwujudan desain terpilih ke dalam bentuk karya secara utuh dan evaluasi. Hasil dari penelitian ini yaitu jenis penelitian kriya terapan yang dalam proses visualisasinya dimulai dengan pembuatan desain alternatif dan perwujudan karya secara utuh. Hasil visualisasi berupa 6 karya batik kaligrafi berjudul Bingkai Makna Lingkar Kata Cahaya Jiwa Masa Nawaitu dan Tirai Iman. Karya tersebut diwujudkan dalam bentuk aksesoris interior yang memiliki nilai guna juga keindahan dalam sebuah ruang interior.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/276617

Actions (login required)

View Item View Item