Kesenian Jaran Bodhag Probolinggo sebagai sumber inspirasi penciptaan motif batik tulis untuk outerwear semi-formal - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesenian Jaran Bodhag Probolinggo sebagai sumber inspirasi penciptaan motif batik tulis untuk outerwear semi-formal

Aziz, Akbar Naufal (2022) Kesenian Jaran Bodhag Probolinggo sebagai sumber inspirasi penciptaan motif batik tulis untuk outerwear semi-formal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesenian Jaran Bodhag Probolinggo mengalami pasang surut dalam modernitas masih belum cukup terdengar oleh masyakat luar maupun dalam Probolinggo. Kesenian pertunjukkan yang berakar sejarah dari Jaran Kencak tercipta sebuah kesenian masyarakat dengan modifikasi bentuk imitasi kepala kuda dan Bodhag dalam bahasa Madura yang berarti ldquo wadah/tudung nasi rdquo dihiasi sedemikian rupa dan tercipta sebuah artifisial jaranan. Pencipta memiliki kertarikan pada bentuk Jaran Bodhag untuk dituangkan pada batik tulis terapan dalam outerwear semi-formal untuk meningkatkan daya tarik gaya berbusana batik yang cenderung monoton pada kalangan usia remaja-dewasa. Penciptaan ini bertujuan untuk menggaungkan kesenian Jaran Bodhag Probolinggo juga mendeskripsikan ide konsep proses visualisasi dan hasil motif batik tulis pada bentuk outerwear semi-formal. Penelitian ini menggunakan metode penciptaan yang dikemukakan oleh SP. Gustami yang terdiri dari tahap exsplorasi perancangan dan perwujudan. Hasil penciptaan karya ini terdapat tiga jenis outer antara lain Beden Sokmah Jaran Bodhag (Vest) Demslendeman (Jacket) Gal Megol (Crop Top Bolero). Hasil penciptaan karya tersebut menjadi salah satu upaya bentuk inventarisasi motif baru dan pelestarian kesenian lokal dalam wujud karya batik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2022 04:29
Last Modified: 15 Aug 2023 07:44
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/276601

Actions (login required)

View Item View Item