Pengembangan media pembelajaran digital berbasis audio visual interaktif materi seni budaya (seni rupa) unit II Kelas VII Kurikulum Prototype 2022 integrasi Critical Thinking, Creative Thinking, Collaboration, Communication, Character, Country (6C) dan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran digital berbasis audio visual interaktif materi seni budaya (seni rupa) unit II Kelas VII Kurikulum Prototype 2022 integrasi Critical Thinking, Creative Thinking, Collaboration, Communication, Character, Country (6C) dan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK)

Aruna, Alby (2022) Pengembangan media pembelajaran digital berbasis audio visual interaktif materi seni budaya (seni rupa) unit II Kelas VII Kurikulum Prototype 2022 integrasi Critical Thinking, Creative Thinking, Collaboration, Communication, Character, Country (6C) dan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK). Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan Indonesia harus berbenah Programme for International Student Assessment (PISA) menjadi acuan pendidikan dunia menempatkan indonesia diperingkat 10 terbelakang. Peran sentral media pembelajaran abad 21 menjadi hal pokok dan wajib dipenuhi dalam infrastruktur pendidikan Indonesia saat ini. Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 10 Malang mempunyai tiga masalah pokok dalam penerapan kurikulum prototype. Tujuan pengembangan media ini untuk menyelesaikan ketiga permasalahan tersebut meliputi infrastruktur pendidikan media digital yang minim daya dukung sumber daya manusia dalam membuat media digital abad 21 yang kurang berkompeten dan miskonsepsi siswa dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam studi penelitian pengembangan ini menggunakan pendekatan ADDIE Model. Proses rancang desain media. Media pembelajaran ini dikemas fitur 3D augmented reality game penjelajahan nusantara dan kearifan lokal serta audio visual yang integrasi matrix A1 (critical thinking) A2 (creative thinking) A3 (collaboration) A4 (communication) A5 (character) dan A6 (country). Hal ini diikuti Matrix B mengakomodir 7 domain Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPCK). Media pembelajaran ini mendapatkan nilai 92 08% oleh validator ahli media yang diperkuat 96 5% hasil validator ahli materi. Uji praktikalitas media dibuktikan dengan hasil uji non parametrik wilcoxon signed test (uji match pair test) dengan hasil media ini praktis dan layak diimplementasikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jan 2022 04:29
Last Modified: 16 Aug 2023 03:02
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/276599

Actions (login required)

View Item View Item