Penerapan model pembelajaran kooperatif menggunakan aplikasi comic strip untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan minat belajar menggambar komik kelas viii d SMPN 9 Malang / Angga Widya Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif menggunakan aplikasi comic strip untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan minat belajar menggambar komik kelas viii d SMPN 9 Malang / Angga Widya Pratama

Pratama, Angga Widya (2022) Penerapan model pembelajaran kooperatif menggunakan aplikasi comic strip untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan minat belajar menggambar komik kelas viii d SMPN 9 Malang / Angga Widya Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran Seni Budaya kelas VIII D SMPN 9 Malang memiliki beberapa masalah. Permasalahan tersebut antara lain rendahnya antusiasme keterlibatan dan perhatian peserta didik minim pembelajaran berkelompok pembelajaran berpusat pada guru serta variasi metode pembelajaran kurang. Berdasarkan observasi pra-tindakan diketahui bahwa aspek aktivitas pembelajaran dan minat belajar kelas VIII-D SMPN 9 Malang belum sepenuhnya maksimal. Penelitian bertujuan meningkatkan aktivitas pembelajaran dan minat belajar pada materi menggambar komik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif menggunakan aplikasi Comic Strip. Pendekatan utama penelitian bersifat kualitatif didukung pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu PTK model Kemmis dan McTaggart dengan 2 siklus dalam empat pertemuan. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII D SMPN 9 Malang. Data-data penelitian dikumpulkan dengan metode observasi angket wawancara catatan lapangan dan pendokumentasian. Analisis data bersifat gabungan antara kualitatif dan kuantitatif. Minat pra-siklus diperoleh rata-rata 60% yang dikategorikan ldquo sedang rdquo . Pelaksanaan aktivitas pembelajaran siklus 1 adalah 75% dan dikategorikan ldquo sedang rdquo sedangkan siklus 2 adalah 93 3% dan dikategorikan ldquo sangat baik rdquo . Perolehan aktivitas belajar tersebut peningkatannya sebesar 18%. Rata-rata minat belajar siklus 1 adalah 63 40% dan dikategorikan ldquo sedang rdquo (tingkat persetase 60%-69%). Sedangkan rata-rata siklus 2 adalah 76 96% dan dikategorikan ldquo tinggi rdquo (tingkat persentase 70%-84%). Pada kedua siklus diperoleh peningkatan minat belajar sebesar 13 56%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/276592

Actions (login required)

View Item View Item