Penerapan metode pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X PM2 pada mata diklat melakukan negosiasi di SMK Negeri 1 Turen / Bekti Ardarani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X PM2 pada mata diklat melakukan negosiasi di SMK Negeri 1 Turen / Bekti Ardarani

Ardarani, Bekti (2010) Penerapan metode pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X PM2 pada mata diklat melakukan negosiasi di SMK Negeri 1 Turen / Bekti Ardarani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ardarani Bekti. 2009. Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa kelas X PM2 Di SMK Negeri 1 Turen. Skripsi Jurusan Manajemen. Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sopiah M.Pd. M.M. (2) Dr. Ludiwishnu W S.T S.E S.Pd M.M Kata kunci Pembelajaran berbasis masalah Hasil belajar Guru memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan. Kualitas guru akan ikut mempengaruhi kualitas siswanya. Oleh karena itu pembinaan dan pengembangan terhadap guru merupakan hal mendasar dalam proses pendidikan. Saat ini guru dianggap sebuah profesi yang sejajar dengan profesi yang lain sehingga seorang guru dituntut bersikap profesional dalam melaksanakan tugasnya. Guru yang profesional adalah guru yang memiliki kompetensi dan keahlian khusus dalam bidang keguruan sehingga mampu melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai guru dengan kemampuan maksimal. Salah satu untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional yang telah dilakukan oleh pemerintah yaitu dengan melakukan penyempurnaan kurikulum dari KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) yang telah disempurnakan menjadi KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) pada tahun 2004 dan 2006. Dengan penyempurnaan kurikulum maka proses pembelajaran harus didukung oleh metode pembelajaran yang berkualitas. Salah satu metode tersebut adalah model pembelajaran berbasis masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Pemasaran 2 pada mata diklat Melakukan Negosiasi SMK NEGERI 1 TUREN. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu (1) perencanaan (2) tindakan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Pemasaran 2 di SMKN 1 Turen pada semester genap tahun ajaran 2008/ 2009 yang berjumlah 35 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi tes pedoman wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran berbasis masalah hasil belajar siswa dapat meningkat. Sedangkan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dimana rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 78 68 dan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa adalah 87 14. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Pemasaran 2 SMK Negeri 1 Turen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan disarankan kepada guru mata diklat Melakukan Negosiasi untuk menerapkan pembelajaran berbasis masalah sebagai alternatif pembelajaran dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa. Sedangkan kepada peneliti selanjutnya disarankan untuk menerapkan metode pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27658

Actions (login required)

View Item View Item