Pengaruh motivasi belajar dan sarana prasarana belajar terhadap prestasi belajar siswa kels X di SMK Negeri 3 Balikpapan / Desak Putu Putri Sartini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi belajar dan sarana prasarana belajar terhadap prestasi belajar siswa kels X di SMK Negeri 3 Balikpapan / Desak Putu Putri Sartini

Sartini, Desak Putu Putri (2010) Pengaruh motivasi belajar dan sarana prasarana belajar terhadap prestasi belajar siswa kels X di SMK Negeri 3 Balikpapan / Desak Putu Putri Sartini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sartini Desak Putu Putri. 2009. Pengaruh Motivasi Belajar dan Sarana Prasarana Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 3 Balik papan. Skripsi Jurusan Manajemen Pro gram Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Suwarni M.Si dan (2) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si. Kata Kunci Motivasi Belajar Siswa Sarana Prasarana Belajar Prestasi Belajar Siswa. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa diperlukan motivasi belajar yang baik dan fasilitas yang mencukupi kebutuhan belajar siswa. Terdapat dua faktor motivasi belajar yaitu faktor dari dalam (intrinsik) dan faktor dari luar (ekstrinsik). Fasilitas belajar digunakan untuk menunjang praktik siswa yang telah diberi teori oleh guru dalam kelas. Dan bagi orang tua seharusnya menyediakan sarana prasarana belajar yang memadai bagi anak-anaknya. Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis signifikansi pengaruh antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. (2) menganalisis signifikansi pengaruh antara sarana prasarana belajar terhadap prestasi belajar siswa (3) menganalisis signifikansi pengaruh secara simultan antara motivasi belajar siswa dan sarana prasarana belajar terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMK Negeri 3 Balikpapan. Penelitian ini mempunyai tiga variabel yaitu variabel independen (X1) motivasi belajar siswa variabel independen (X2) sarana dan prasarana belajar dan variabel dependen (Y) prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini 556 siswa kelas X jenis penelitian ini deskriptif dengan pendekatan studi korelasional model yang digunakan adalah koesioner tertutup dan terbuka serta metode dokumentasi untuk mendapatkan data dari prestasi belajar siswa data kemudian dianalisis dengan mengggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS for windows release 15.00. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Analisis persentase dari 141 siswa menunjukkan sebesar 46 80% memperoleh prestasi belajar dengan kategori cukup pada seluruh mata diklat sebesar 37 60% dalam kategori baik pada seluruh mata diklat. Sebesar 14 90% dalam kategori kurang pada seluruh mata diklat. Sebesar 0 7% dalam kategori sangat baik pada seluruh mata diklat. Analisis regresi linier berganda dengan menggunakan taraf kesalahan 5% secara parsial dapat diketahui bahwa variabel motivasi belajar (X1) mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar (Y). Hal ini terlihat dari signifikansi t variabel motivasi belajar adalah 0 000 yang mana angka tersebut lebih kecil dari 945 0 05 sedangkan terdapat hubungan secara parsial ini dilihat dari nilai thitung untuk variabel X1 bernilai 5 043 sedangkan ttabel sebesar 1 656. Variabel sarana prasarana belajar (X2) juga mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar (Y). Hal ini terlihat dari signifikansi t variabel sarana prasarana belajar adalah 0 000 yang mana angka tersebut lebih kecil dari 945 0 05 sedangkan terdapat hubungan secara parsial ini dilihat dari nilai thitung untuk variabel X2 bernilai 4 441 sedangkan ttabel sebesar 1 656. Dari uji regresi linier berganda diketahui bahwa variabel motivasi belajar dan sarana prasarana belajar secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 3 Balikpapan. Hal ini dibuktikan dengan signifikansi F sebesar 0 000 0 05 dengan nilai Fhitung 30.772 nilai koefisien regresi (Multiple R) 0 298 dan nilai koefisien determinasi 0 308. Disimpulkan bahwa variabel X1 (motivasi belajar) dan variabel X2(sarana prasarana belajar) berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar baik secara parsial maupun secara simultan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui peningkatan motivasi belajar melalui pengajaran yang bervariasi dan peningkatan kualitas dan kuantitas sarana prasarana belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27656

Actions (login required)

View Item View Item