Penerapan pembelajaran kooperatif model team games tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata diklat kewirausahaan (Studi pada kelas X pemasaran SMK Islam Batu) / Nuril Hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model team games tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata diklat kewirausahaan (Studi pada kelas X pemasaran SMK Islam Batu) / Nuril Hidayati

Hidayati, Nuril (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model team games tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata diklat kewirausahaan (Studi pada kelas X pemasaran SMK Islam Batu) / Nuril Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayati Nuril. 2010. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Islam Kota Batu. Skripsi Jurusan Pendidikan Tata Niaga FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Agung Winarno M.M (II) Imam Bukhori S.Pd M.M. Kata Kunci metode pembelajaran kooperatif model teams games tournament (TGT) hasil Belajar Siswa. Metode pembelajaran kooperatif memiliki Sembilan model pembelajaran yang bervariasi dalam mengkonstruk pemikiran siswa selama belajar. Salah satu model pembelajaran kooperatif yakni model Teams Games Tournament (TGT). Pembelajaran model Team Games Tournament (TGT) adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa harus ada perbedaan status melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya dan mengandung unsur permainan dan reinforcement sehingga dapat membangkitkan semangat belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model TGT terhadap hasil belajar untuk mata diklat kewirausahaan pada kelas X di SMK Islam kota batu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif model TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Islam Batu Malang mata diklat Kewirausahaan. Peningkatan ketuntasan belajar secara keseluruhan (klasikal) pada siklus 1 ke siklus 2 sebesar 18.95% untuk aspek kognitif Peningkatan ketuntasan belajar secara keseluruhan (klasikal) sebesar 53.85% untuk aspek afektif dan Peningkatan ketuntasan belajar secara keseluruhan (klasikal) sebesar 72.23% untuk aspek psikomotorik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada guru-guru mata diklat kewirausahaan lainya agar mencoba menerapkan pembelajaran kooperatif model TGT dalam proses pembelajaran kewirausahaan di kelas. Sebelum pelaksanaan pembelajaran kooperatif model TGT sebaiknya guru mempersiapkan perangkat dan media penunjang pembelajarannya terlebih dahulu. Selain itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai penerapan metode pembelajaran kooperatif model TGT dalam pembelajaran mata diklat lainya agar diperoleh hasil penelitian yang representatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27655

Actions (login required)

View Item View Item