Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII untuk mata diklat kewirausahaan di SMK Islam di Kota Batu / Shelynda Dwi Putri Deviani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII untuk mata diklat kewirausahaan di SMK Islam di Kota Batu / Shelynda Dwi Putri Deviani

Deviani, Shelynda Dwi Putri (2010) Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII untuk mata diklat kewirausahaan di SMK Islam di Kota Batu / Shelynda Dwi Putri Deviani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Shelynda D. 2009. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII Untuk Mata Diklat Kewirausahaan Di SMK Islam Batu. Skripsi Jurusan Manajemen. Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Agung Winarno M. M (2) Hj. Ita Prihatining Wilujeng S.E. M. M. Kata kunci problem based learning prestasi belajar Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan Nasional di Indonesia Departemen Pendidikan Nasional mengeluarkan beberapa kebijakan. Salah satu kebijakan tersebut dirumuskan pada tahun 2006. Pada tahun 2006 tersebut Departemen Pendidikan Nasional merumuskan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). KTSP merupakan penyempurnaan kurikulum 2004. KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. KTSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan kalender pendidikan dan silabus (PP No.19 Tahun 2005). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan Hasil belajar mata diklat Kewirausahaan siswa kelas XII Penjualan SMK Islam Batu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu (1) perencanaan (2) tindakan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII Penjualan SMK Islam Batu pada semester ganjil tahun ajaran 2009/ 2010 yang berjumlah 29 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi tes pedoman wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning hasil belajar siswa dapat meningkat. Peningkatan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dimana rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 79 82 dan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa adalah 82 41 Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII Penjualan SMK Islam Batu. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan disarankan kepada guru mata diklat Kewirausahaan untuk menerapkan Problem Based Learning sebagai alternatif pembelajaran dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27654

Actions (login required)

View Item View Item