Efektifitas penerapan pembelajaran kooperatif model tole playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif SUB pokok bahasan bekerja sama dengan kolega dan pelanggan (Studi pada siswa program keahlian pemasaran kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Ma - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektifitas penerapan pembelajaran kooperatif model tole playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif SUB pokok bahasan bekerja sama dengan kolega dan pelanggan (Studi pada siswa program keahlian pemasaran kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Ma

Imami, Qori' (2010) Efektifitas penerapan pembelajaran kooperatif model tole playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif SUB pokok bahasan bekerja sama dengan kolega dan pelanggan (Studi pada siswa program keahlian pemasaran kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Ma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Imami Qori . 2009. Efektifitas Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Produktif Sub Pokok Bahasan Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan (Studi Pada Siswa Program Keahlian Pemasaran Kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen. Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Mohammad Hari M.Si. (II) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd M.M. Kata kunci efektifitas model role playing hasil belajar. Dalam meningkatkan mutu pendidikan peran guru sangat penting upaya atau usaha yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan cara memperhatikan siswa menguasai materi pelajaran dan memilih metode pembelajaran yang tepat. Salah satu metode yang dapat mengarahkan kepada siswa untuk memberikan pengalaman belajar secara langsung adalah metode pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif mempunyai banyak model-model pembelajaran salah satunya adalah model role playing. Role playing merupakan sesuatu yang berkaitan dengan pendidikan guna usaha untuk menyelesaikan masalah melalui peragaan tindakan dengan tujuan untuk membantu tercapainya pemahaman dalam kehidupan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model role playing untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif dalan standar kompetensi bekerjasama dengan kolega dan pelanggan. Sebagai subyek penelitian yaitu siswa kelas X Pemasaran di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Pada setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan tahap pelaksanaan tindakan tahap pengamatan (obsevasi) serta tahap analisis dan refleksi. Hasil belajar terdiri dari aspek kognitif dengan menganalisis hasil pre tes dan post tes setiap siklus. Sedangkan aspek afektif dan psikomotor dianalisis dengan menghitung persentase frekuensi setiap indikator yang muncul. Ketentuan nilai batas minimum ketutasan belajar siswa untuk mata pelajaran produktif adalah 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif kerena guru telah melaksanakan pengelolaan kelas dengan baik dan prosentase keaktifan siswa meningkat pada siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada aspek kognitif aspek afektif dan aspek psikomotor juga mengalami peningkatan nilai rata-rata yang signifikan pada siklus I ke siklus II dan dapat dikatakan tuntas. Dalam penelitian ini ada saran yang dapat diajukan adalah pertama bagi guru yaitu pembelajaran dengan model role playing dapat dijadikan alternatif pilihan dalam praktek pembelajaran di kelas untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kedua bagi sekolah yaitu perlu adanya literatur mengenai mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan yang lebih lengkap guna kelancaran proses belajar mengajar. Ketiga bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian lebih lanjut dengan penerapan model role playing dengan menggunakan kompetensi dan subyek penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27652

Actions (login required)

View Item View Item