Hendriyanto, Helmy Syarif (2009) Pengaruh media periklanan dan publisitas terhadap proses pengambilan keputusan siswa dalam memilih sekolah (studi pada siswa-siswi kelas X Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang) / Helmy Syarif Hendriyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hendriyanto Helmy S. 2009. Pengaruh Media Periklanan dan Publisitas Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Siswa dalam Memilih Sekolah Studi Kasus Siswa-siswi Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sinar Baskoro Pembimbing (II) Drs. Mohammad Arief M.Si. Kata Kunci Media Periklanan Publisitas Proses Pengambilan Keputusan Konsumen MAN 3 Malang Perkembangan jaman yang semakin pesat sekolah dituntut agar semakin aktif dalam kegiatan pemasaran sekolah tanpa melihat status sekolah negeri atau swasta. Hal ini dikarenakan masyarakat semakin pandai dan logis dalam memperhitungkan untuk memilih sekolah atau menyekolahkan anak-anaknya bahkan sekolah-sekolah swasta yang dulunya terpinggirkan dalam persaingan dunia pendidikan kini sudah semakin mampu bersaing dengan sekolah-sekolah berstatus negeri.Promosi sebagai salah satu hal yang menjadi ujung tombak dalam kegiatan pemasaran memegang peranan yang sangat penting dalam usaha untuk menarik konsumen sebanyakbanyaknya. Dalam lingkup kegiatan promosi sekolah haruslah dilaksanakan dengan efektif dan efisien sehingga tujuan promosi sekolah dapat terlaksana dan memberikan kontribusi yang sesuai dengan perencanaan pemasaran sekolah. Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang adalah sekolah dengan status negeri dan memiliki reputasi tingkat nasional namun dengan status dan reputasi yang dimilikinya bukan berarti kegiatan pemasaran sekolah khususnya promosi harus ditinggalkan. Salah satu hal yang harus dilakukan untuk mengatur reputasi yang dimiliki sekolah adalah dengan kegiatan promosi karena promosi bertujuan menyampaikan pesan-pesan yang berkaitan dengan sekolah mulai dari fasilitas yang dimiliki sumber daya menusia fasilitas penunjang kegiatan pendidikan dan lain-lain sehingga masyarakat dapat mengetahui bagaimana produk jasa pendidikan yang ditawarkan oleh Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang. Selain itu lingkup kegiatan promosi juga merupakan kegiatan dalam rangka menimbulkan kesan baik dari masyarakat sehingga reputasi yang ada dapat lebih ditingkatkan lagi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif dengan variabel bebas adalah Periklanan (X1) dan Publisitas(X2) dan variabel terikat adalah Proses Pengambilan Keputusan Siswa dalam Memilih Sekolah (Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang. Sedangkan jumlah sampel berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling dengan instrumen pengumpulan data melalui angket/kuesioner. Skala pengukuran menggunakan skala Likert dengan 4 (lima) opsi jawaban. Untuk menguji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis yang dipilih adalah Analisis Regresi Linier Ganda dan Uji Asumsi Klasik. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan software SPSS 13.00 for windows. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Periklanan terhadap Proses Pengambilan Keputusan Siswa dalam Memilih Sekolah dengan nilai b1 0 583 (nol koma lima ratus delapan puluh tiga) thitung 10 292 (sepuluh koma dua ratus sembilan puluh dua) dan signifikan t 0 000 (nol koma nol nol nol). Didapatkan juga pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Publisitas terhadap Proses Pengambilan Keputusan Siswa dalam Memilih Sekolah dengan nilai b2 0 568 (nol koma lima ratus enam puluh delapan) thitung 4 450 (empat koma empat ratus lima puluh) dan signifikan t 0 000 (nol koma nol nol nol). Dari kedua variable tersebut variabel Periklanan memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap Proses Pengambilan Keputusan Siswa dalam Memilih Sekolah. Selain itu dari hasil analisis data diperoleh juga pengaruh secara simultan antara Periklanan dan Publisitas terhadap Proses Pengambilan Keputusan Siswa dalam Memilih Sekolah dengan nilai fhitung1 96 501 (sembilan puluh enam koma lima ratus satu) signifikan t 0 000 (nol koma nol nol nol) dan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0 666 (nol koma enam ratus enam puluh enam).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Nov 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27648 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |