Peran pendidik anak usia dini dalam mendukung perkembangan bahasa anak / Titik Milawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran pendidik anak usia dini dalam mendukung perkembangan bahasa anak / Titik Milawati

Milawati, Titik (2010) Peran pendidik anak usia dini dalam mendukung perkembangan bahasa anak / Titik Milawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Milawati Titik. 2009. Peran Pendidik Anak Usia Dini Dalam Mendukung Perkembangan Bahasa Anak. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Kentar Budhojo. Drs. M.pd (II) Umidayati Drs. M.pd Kata Kunci Pendidikan Anak Usia Dini Perkembangan Bahasa Anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pendidikan yang sangat mendasar dan strategis dalam pembangunan sumber daya manusia. PAUD diperuntukkan untuk anak usia 0-6 tahun. Anak usia tersebut dipandang memiliki karakteristik yang berbeda dengan anak usia di atasnya dan anak pada usia tersebut pada masa golden age. PAUD adalah investasi yang sangat besar bagi keluarga dan bangsa karena PAUD membentuk anak Indonesia yang berkualitas yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mempengaruhi kehiduapn di masa dewasanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1). Mendeskripsikan perkembangan bahasa anak usia dini di PAUD-As Salam (2). Mendeskripsikan peran pendidik dalam mendukung perkembangan bahasa anak usia dini di KB As-Salam (3). Mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dihadapi dalam mengembangkan kecerdasan bahasa anak usia dini di KB As-Salam Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif. Populasinya adalah 32 orang tua dan 6 tutor kelas di Play Group As-Salam. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan bahasa anak usia dini di kelompok belajar As Salam pada umumnya sangat baik. Hal ini ditunjukkan dengan tercapainya seluruh indikator perkembangan bahasa anak usia dini. Selain itu dari hasil penelitian dapat ditemukan hambatan-hambatan orang tua dalam mengembangkan berbahasa anak usia. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar (1) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk melengkapi kekurangan yang ada untuk mengembangkan ilmu tentang Peran Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Mendukung Perkembangan Bahasa Anak dan dapat digunakan untuk penelitian-penelitian lanjutan. (2) Bagi Orang Tua sebagai pendidik yang pertama dan paling utama dalam perkembangan anak khususnya perkembangan bahasa anak. Terutama bagi orang tua yang kurang memiliki pengetahuan dan pengalaman diharapkan tidak enggan untuk menambah ilmunya tentang PAUD terkait dengan perkembangan bahasa anak. (3) Bagi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah hendaknya Jurusan PLS menambah referansi kepustakaan mengenai PAUD khususnya tentang perkembangan bahasa anak usia dini. (4) Bagi KB As Salam diharapkan bisa menjadi media perantara dalam pemberian informasi tentang tumbuh kembang anak kepada orang tua dan menghadapi media pembelajaran untuk mengembangkan kecerdasan bahasa anak. Sehingga pendidikan yang diberikan bisa lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27646

Actions (login required)

View Item View Item